ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA

Oleh: Nurfitriana Tri Bararah, Rochana Ruliyandari

Abstrak:

Seiring berkembangnya jaman mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin ketat termasuk dalam perumahsakitan. Oleh karena itu dibutuhkan pemasaran rumah sakit untuk mempromosikan dan mengelola rumah sakit agar tetap maju dan berkembang. Kegiatan pemasaran sangat penting untuk rumah sakit, karena  dapat  menjaga  eksistensi  suatu  rumah  sakit  sehigga  tercapainya  suatu tujuan dan kemajuan dari sebuah rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marketing mix pelayanan rawat jalan rumah sakit jiwa Grhasia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik informan wawancara menggunakan metode purposive sampling dengan 7 informan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pedoman wawancara diperoleh data tentang strategi marketing mix pelayanan rawat jalan  berdasarkan marketing mix di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta yaitu darri bauran produk (product), tempat  (place),  promosi  (promotion),     harga  (price),     orang  (people),  proses (process) dan bukti fisik (physical evidence ). Bauran pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Grhasia belum   dilakukan  maksimal.   Dan  meningkatkan   promosi  kepada  masyarakat, sehingga masyarakat lebih tau tentang Rumah Sakit Jiwa Grhasia

Kata Kunci: Strategi, Marketing Mix