ANALISIS STRATEGI MARKETING MIX PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA
Oleh: Nurfitriana Tri Bararah, Rochana Ruliyandari
Abstrak:
Seiring berkembangnya jaman mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin ketat termasuk dalam perumahsakitan. Oleh karena itu dibutuhkan pemasaran rumah sakit untuk mempromosikan dan mengelola rumah sakit agar tetap maju dan berkembang. Kegiatan pemasaran sangat penting untuk rumah sakit, karena dapat menjaga eksistensi suatu rumah sakit sehigga tercapainya suatu tujuan dan kemajuan dari sebuah rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis marketing mix pelayanan rawat jalan rumah sakit jiwa Grhasia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik informan wawancara menggunakan metode purposive sampling dengan 7 informan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pedoman wawancara diperoleh data tentang strategi marketing mix pelayanan rawat jalan berdasarkan marketing mix di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta yaitu darri bauran produk (product), tempat (place), promosi (promotion), harga (price), orang (people), proses (process) dan bukti fisik (physical evidence ). Bauran pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Sakit Jiwa Grhasia belum dilakukan maksimal. Dan meningkatkan promosi kepada masyarakat, sehingga masyarakat lebih tau tentang Rumah Sakit Jiwa Grhasia
Kata Kunci: Strategi, Marketing Mix