Hubungan Antara Daya Juang dan Keberfungsian Keluarga dengan Regulasi Diri dalam Belajar Pada Mahasiswa
Oleh Ida Dwi Liani
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya juang dan keberfungsian keluarga dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur skala psikologi sebagai alat pengumpulan data. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis simple random sampling. Skala yang digunakan adalah skala daya juang, skala keberfungsian keluarga dan skala regulasi diri dalam belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS Versi 16.0 for Windows. Hasil analisis regresi berganda untuk mengetahui hubungan antara daya juang dan keberfungsian keluarga dengan regulasi diri dalam belajar diperoleh r= 0,096 dengan nilai signifikansi sebesar 0,714 (p,0,01). Hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara daya juang dan keberfungsian keluarga dengan regulasi diri dalam belajar
Kata kunci: Daya Juang, Keberfungsian Keluarga, Regulasi Diri Dalam Belajar