ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN PASIEN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DI RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

Oleh: Nurrahmah Fitria, Ahmad Ahid Mudayana

Abstrak:

Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika dapat memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Jenis penelitian adalah penelitan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik  pengambilan sampel  menggunakan  wawancara  dan  dokumentasi. Subjek  penelitian  terbagi menjadi manager keuangan, manager SDI, kepala perawat serta kepala pemasaran. Alat penelitian menggunakan panduan wawancara. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT menyebutkan bahwa RSU PKU Muhammadiyah Bantul sudah mampu bersaing dipasar persaingan yang kompetitif. Analisis SWOT di RSU PKU Muhammadiyah Bantul terdiri dari : (1) Strategi SO (Strength Opportunities) meliputi memperkuat kerjasama dengan instansi terkait, memperkuat hubungan dengan pemerintah serta memperluas pangan pasar. (2) Strategi WO (Weakness Opportunities) yakni meningkatkan loyalitas pasien, memperbaiki prosedur pelayanan dan menambah area parkir. (3) Strategi ST (Strength Treats) terdiri dari menjalin kerjasama dengan rumah sakit lain, meningkatkan kualitas pelayanan, dan meningkatkan mitra rumah sakit. (4) Strategi WT (Weakness Treats) yaitu menetapkan strategi pemasaran yang efektif dan efisiensi dan meningkatkan promosi diberbagai media.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT