ANALISIS SEMIOTIKA CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN ALFAMART X GO-PAY #KEBAHAGIAANKECIL UNTUK KITA SEMUA

Oleh: Luluh Pramudaningtyas

Abstrak:

Dari segi konsep atau isi iklan seringkali iklan disajikan dengan menggunakan aktor-aktor yang beragam untuk menarik perhatian atau minat beli konsumen. Akhirnya, perempuan  pun  dihadirkan  di  dalam  iklan  untuk  menarik  perhatian  audiens  agar membeli   produk   atau   memahami   pesan.   Namun,   iklan   Alfamart   X   Go-Pay #Kebahagiaankecil  Untuk  Kita  Semua  menggambarkan  perempuan  dan  laki-laki dengan peran yang berbeda-beda dan terkesan dikotak-kotakkan juga adanya bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana citra perempuan di dalam iklan sebagai aktor yang menghidupkan iklan tersebut. Penelitian ini dikaji dengan Teori Semiotika milik Roland Barthes yang membagi makna  dalam  tingkatan  denotasi,  konotasi,  dan  mitos.  Metode  penelitian  yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengambilan data secara observasi terus-menerus hingga hasilnya jenuh. Dari proses penelitian yang sudah berlangsung, hasil yang diperoleh, yaitu citra perempuan tergambarkan melalui citra pigura, citra pilar, citra pinggan, dan citra pergaulan.

Kata Kunci: Iklan  Alfamart  X  Go-Pay,  Semiotika  Roland  Barthes,  Citra Perempuan