ANALISIS SEMIOTIKA CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN ALFAMART X GO-PAY #KEBAHAGIAANKECIL UNTUK KITA SEMUA
Oleh: Luluh Pramudaningtyas
Abstrak:
Dari segi konsep atau isi iklan seringkali iklan disajikan dengan menggunakan aktor-aktor yang beragam untuk menarik perhatian atau minat beli konsumen. Akhirnya, perempuan pun dihadirkan di dalam iklan untuk menarik perhatian audiens agar membeli produk atau memahami pesan. Namun, iklan Alfamart X Go-Pay #Kebahagiaankecil Untuk Kita Semua menggambarkan perempuan dan laki-laki dengan peran yang berbeda-beda dan terkesan dikotak-kotakkan juga adanya bias gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran bagaimana citra perempuan di dalam iklan sebagai aktor yang menghidupkan iklan tersebut. Penelitian ini dikaji dengan Teori Semiotika milik Roland Barthes yang membagi makna dalam tingkatan denotasi, konotasi, dan mitos. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pengambilan data secara observasi terus-menerus hingga hasilnya jenuh. Dari proses penelitian yang sudah berlangsung, hasil yang diperoleh, yaitu citra perempuan tergambarkan melalui citra pigura, citra pilar, citra pinggan, dan citra pergaulan.
Kata Kunci: Iklan Alfamart X Go-Pay, Semiotika Roland Barthes, Citra Perempuan