REPRESENTASI TOLERANSI DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “WUJUDKAN TOLERANSI HARGAI PERBEDAAN” PADA CHANNEL YOUTUBE SLEMAN TV
Oleh: Selawati
Abstrak:
Iklan layanan masyarakat selalu berkembang sesuai dengan perkembangan peradaban masyarakat, teknologi, dan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Salahsatunya permasalahan sosial tentang intoleransi. Kurangnya rasa toleransi dan rasa saling menghormati, dibutuhkan sebuah media yang bisa mengingatkan kembali kepada masyarakat akan pentingnya toleransi dalam kehidupan masyarakat. Salah satu media massa yang bisa digunakan dalam menyebarkan informasi kepada khalayak adalah iklan layanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana toleransi direpresentasikan dalam iklan layanan masyarakat “Wujudkan Toleransi Hargai Perbedaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif dan menggunakan analisis isi serta menggunakan teori semiotika Ferdinand Saussure, Ferdinand mengkategorikan teori semiotika yang terdiri dari penanda (signifier) dan petanda (signified). Peneliti melakukan analisis terhadap pemilihan visual dan audio yang berkaitan dengan toleransi keberagaman antar ras dan etnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan layanan masyarakat “Wujudkan Toleransi Hargai Perbedaan” mengandung toleransi berupa kebersamaan, saling menghargai dan menghormati, menerima perbedaan, dan saling mengerti.
Kata Kunci: Representasi, Toleransi, Iklan Layanan Masyarakat, Semiotika.