PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI SEBAGAI PROMOSI PARIWISATA

Oleh: Fahmi Ade Prasetiyo

Abstract:

Wisata Nglanggeran adalah salah satu objek wisata,   Desa Wisata Nglanggeran ini terletak di Kabupaten Gunungkidul. Desa Nglanggeran menggunakan  media  komunikasi  untuk  promosi dan  publikasi,  hal  ini karena pengguna dari media komunikasi khususnya medai sosial sangat banyak. Lalu mengambil objek di Desa Wisata Nglanggeran dikarenakan adanya penurunan pengunjung namun omset yang di terima mengalami kenaikan. Jenis Penelitian  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian kualitatif  yang menggambarkan secara menyeluruh mengenai promosi melalui media yang dilakukan Desa Wisata Nglanggeran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan  peneliti  adalah  triangulasi  menurut  (Creswell, 2014:  286) sebagai berikut observasi, wawancara dan dokumentasi agar data yang didapatkan data yang akurat dan alami. Teknik analisis data yang dilakukan menurut Miles and Huberman  (1984)  dalam  Sugiyono  (2008:  247-252)  adalah  data  reduction memilih point-point penting, data display menguraikan data yang didapatkan, dan conclution  drawing  agar  dari  data  yang  dapatkan  menjawab  dari  rumusan masalah. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan media komuniksi digunakan untuk publikasi dan promosi tetapi masih kurang efektif, karena beberapa media yang digunakan Desa Wisata Nglanggeran dalam pengolahanya masih kurang. Instagram media yang cukup efektif dalam pengolahannya tetapi media lain seperti twitter, facebook dan website tidak terlalu efektif karena media tersebut masa atau orang yang melihat sangat sedikit.

Kata Kunci: Media komunikasi, promosi, dan Pariwisata