Dahlan Muda Mengabdi 2020

A. LATAR BELAKANG

Berdasarkan Undang-undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi bahwa setiap perguruan tinggi di Indonesia memiliki tugas menunaikan Tridharma Perguruan Tinggi. Tridharma Perguruan Tinggi adalah 3 dasar kewajiban seluruh sivitas akademika di perguruan tinggi. Adapun isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sendiri meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tridharma Perguruan Tinggi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah, oleh karena itu sudah seharusnya pengelolaan pendidikannya selain mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang dalam hal ini dikelola oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Jakarta, juga harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan Dirjen Dikti Muhammadiyah. Salah satu peraturannya adalah peraturan mengenai darma sebagai perguruan tinggi. Darma yang pertama yang harus dijalankan adalah darma yang terkait dengan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Mahasiswa sebagai salah satu sivitas akademika perguruan tinggi memiliki tugas yang mulia untuk bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu wujud dari Catur dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu untuk mewadahi pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan dengan diadakannya program “Dahlan Muda Mengabdi”.

Dahlan Muda Mengabdi diharapkan akan mampu menjadi wadah dan dorongan agar mahasiswa dapat menunaikan kewajibannya, yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa sebagai kaum intelektual dan agent of change bisa menberikan manfaat bagi masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu juga melalui Dahlan Muda Mengabdi ini diharapkan dapat mewujudkan salah satu tujuan dari pengabdian kepada masyarakat sebagai Caturdharma Perguruan Tinggi yaitu memajukan kesejahteraan rakyat dan mencerdasrkan kehidupan Bangsa Indonesia.

Lakukan kebaikan kecil yang bermanfaat bagi umat.

 

B. NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan nama “Dahlan Muda Mengabdi”. Tema kegiatan ini adalah “Peran Mahasiswa pada Masalah Kebangsaan”. Kegiatan ini diadakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan.

 

C. TUJUAN KEGIATAN

  1. Memberikan mendorong terlaksananya Caturdharma Perguruan Tinggi
  2. Memberikan kesadaran kepada mahasiswa tentang pentingnya peran mahasiswa di dalam masyarakat
  3. Menunjukkan citra positif kepada masyarakat bahwa mahasiswa merupakan kaum intelektual yang cerdas, kreatif, inovatif, dan peduli kepada masyarakat
  4. Memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat

 

D. SASARAN PELAKSANAAN KEGIATAN

  1. Seluruh Mahasiswa Semester 1 Universitas Ahmad Dahlan
  2. Seluruh Mahasiswa aktif Penerima Beasiswa dari Kemendikbud dan UAD dan pihak lainnya.
  3. Mahasiswa aktif di Universitas Ahmad Dahlan
  4. Seluruh Mahasiswa Reguler angkatan 2020 sebagai pra-syarat Pengajuan Beasiswa Prestasi Akademik (BPA)

 

E. WAKTU PELAKSANAAN

  1. Sosialisasi: 12 Desember 2020
  2. Pelaksanaan: 12-31 Desember 2020
  3. Pengiriman bukti/laporan: 14 Desember – 3 Januari 2021
  4. Sharing Session Dahlan Muda Mengabdi : 28-30 Desember 2020

 

F. KETENTUAN KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

  1. Kegiatan dapat dilakukan secara individu ataupun kelompok
  2. Kegiatan dapat dilakukan secara mandiri dan atau atas bimbingan dosen
  3. Jenis aktivitas yang dilakukan dapat milih salah satu alternatif kegiatan di bawah ini:
Kampanye positif Membuat media inovatif  kampanye positif  yang di posting di media sosial pribadi dapat berupa video, poster dan media menarik lainnya tentang covid-19, bencana alam, sampah, menjaga hutan dan isu kekinian lainnya.
Pelestarian Lingkungan
  1. Melakukan gerakan nyata menanam pohon di sekitar rumahnya atau tempat lain yang dipandang membutuhkan penanaman pohon.
  2. Melakukan gerakan nyata membuang sampah pada tempatnya.
Pendampingan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ/TPA) Menjadi pendamping TPA di sekitarnya  baik secara daring ataupun  luring dengan protocol covid-19 atau Daring dengan jumlah peserta minimal 1 orang.
Pendamping Belajar di Rumah Menjadi mentor bagi siswa sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas dalam memberikan motivasi belajar, informasi tantangan tantangan masa depan. Kegiatan dapat berupa luring atau daring. Dengan jumlah peserta minimal 1 orang
Penanggulangan Kemiskinan Menjadi mentor sharing pengembangan kewirausahaan di sekitar rumahnya. Dengan jumlah peserta minimal 2 orang.
Volunteer Bencana Alam Terlibat menjadi relawan bencana dalam 2-3 hari di lokasi bencana alam.
  1. Bagi yang membawa almamater dapat dipakai pada saat kegiatan dilaksanakan.

 

G. ALUR KEGIATAN

  1. Mahasiswa yang membutuhkan surat tugas dapat mengisi pada link : https://s.uad.id/form-surattugas_dahlanmudamengabdi
  2. Mahasiswa menentukan jenis kegiatan yang akan dilakukan
  3. Mahasiswa melaksanakan Dahlan Muda Mengabdi pada tanggal 12-31 Desember 2020
  4. Mahasiswa mengunggah kegiatan di media sosial masing-masing (berupa postingan bukan story yang dapat hilang dalam 24 jam)
  5. Link unggahan media social dikirim ke link untuk pelaporan kegiatan berikut ini : https://s.uad.id/unggah_dahlanmudamengabdi
  6. Panitia akan memverifikasi unggahan laporan kegiatan
  7. E-sertifikat dikirim ke email masing-masing bagi yang telah memenuhi semua isian

    H. KETENTUAN PELAPORAN

    1. Peserta mengunggah dokumentasi foto atau video disertai deskripsi (caption) pengabdian ke postingan bukan story di akun media sosial masing-masing. Dengan hastag #dahlamudamengabdi #weareuad
    2. Peserta mengirimkan dokumentasi kegiatan, postingan media social serta uraian kegiatan

     

    I. APRESIASI

    1. Bagi yang telah melaksanakan dan melaporkan kegiatan Dahlan Muda Mengabdi akan mendapatkan e-sertifikat sebagai peserta Pengabdian Kepada Masyarakat. E-sertifikat ini menjadi salah satu prasyarat pendaftaran beasiswa dan kegiatan kemahasiswaan Biro Kemahasiswaan dan Alumni.
    2. Mendapatkan souvenir kaos Dahlan Muda bagi 100 Mahasiswa terbaik dalam seluruh jenis pelaksanaan kegiatan.
    3. Setiap Jenis Kegiatan Dahlan Muda Mengabdi akan dipilih 5 akvititas Terbaik mendapatkan Hadiah Menarik.

     

    J. NARAHUBUNG KEGIATAN

    1. Cucu Kurniasih : 085220200708
    2. Zidane : 085156468364
    3. Aditya : 085742429651