Peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XII IIK 2 melalui metode tanya jawab dan diskusi di MAN 3 Bantul

Oleh Anita Zulianti1*), Ika Restina2, & Hani Irawati3

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi siswa melalui metode tanya jawab dan diskusi pada kelas XI IIK II MAN 3 Bantul. Termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), adapun pengumpulan data berupa tes dan observasi. Dimana instrumennya adalah soal essay dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian PTK ini adalah deskriptif kuantitatif dengan mengobservasi kegiatan pembelajaran dan menggunakan tes hasil belajar siswa. Sedangkan hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar dengan metode tanya jawab dan diskusi, dengan nilai rata-rata 75,83 di siklus 1, dan di siklus 2 dengan nilai rata-rata 87,7. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode tanya jawab dapat digunakan karena terdapat kenaikan nilai dari siklus 1 ke siklus 2.

Kata Kunci:  Hasil belajar biologi, metode tanya jawab, diskusi.

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional