Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Smp Negeri 4 Sewon di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Ade Nuraini, Roisah Irfy2, Arif Rahman3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) kebijakan terkait dengan pembelajaran jarak jauh di masa pandemic Covid 19. 2) Ragam Media pembelajaran yang digunakan Guru PAI. 3) Hambatan yang dihadapi Guru PAI selama Pembelajaran Daring.  Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sewon. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif, dengan berbasis studi deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan yang di terapkan si SMP N 4 Sewon selama masa darurat Covid 19 ialah tetap melaksanakan pembelajaran, namun dilaksanakan dengan system jarak jauh berbasis jaringan internet. Kebijakan ini selalu di tetapkan mengikuti aturan pemerintah. 

Media pembelajaran yang digunakan di sesuaikan dengan keadaan peserta didik di sekolah tersebut. Pembelajaran PAI yang menekankan moto “friendly”. Diskusi penugasan berbasis online, penerapan metode berbasis whatsapp grup, evaluasi pembelajaran berbasis kegiatan menggunakan google form. Adapun hambatan yang dihadapi adalah kondisi daerah tempat tinggal yang berada di area pedasaan yg dimana terkendala dengan sinyal internet. Sehingga pembelajaran yang dilakukan sewaktu-waktu dapat terhambat karena sinya internet yang tidak stabil.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, PAI, Covid 19

 

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional