Mahasiswa UAD Berprestasi Dapat Tali Asih

Sebanyak 49 mahasiswa berprestasi di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta memperoleh tali asih dari pihak rektorat. Tali asih berupa uang pembinaan tersebut diberikan Rektor UAD Drs. Kasiyarno, M.Hum., belum lama ini.

UAD menyediakan dana sekitar Rp 20 juta untuk pemberian tali asih tersebut. “ ini jangan dilihat dari nilainya, tetapi sebagai bentuk penghargaan kita terhadap prestasi mereka” kata Drs. Kasiyarno, M.Hum.

Ke-49 mahasiswa ini telah mempersembahkan banyak medali bagi UAD. Antara lain medaliemas pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2012, Kejuaraan Robot Nasional, Bidang Kewirausahaan dan beberapa cabang kompetisi olah raga.

Menurut Dr. Kasiyarno, M.Hum UAD sudah sekian lama memiliki tradisi juara. Tahun 2012 target prestasi terlampaui jauh. “Target mutu kita, adalah menjuarai 10 Kejuaraan nasional dan satu kejuaraan internasional. Itu telah terlampau jauh” tegas dia.

Bahkan, beberapa karya mahasiswa seperti system pelayanan kependudukan yang menang pada PIMNAS 2012 sudah dilirik Pemkot Yogyakarta untuk diterapkan di seluruh kelurahan.

” ini akan diterapkan di seluruh kelurahan di kota yogyakarta. Kita akan buat proposal tentang sistem administrasi kependudukan di kelurahan Kota Yogyakarta agar ditingkatkan. Kalau dulu 2 jam pelayanan dengan sistem ini bisa ditingkatkan jadi 15 menit” kata Drs. Kasiyarno, M.Hum.

Menurutnya, prestasi UAD belum optimal. Prestasi saat ini, masih banyak yang bisa dikembangkan. Karena, pembimbing atau dosen dinilai belum maksimal melaksanakan tugasnya.

Saya berharap ada kebijakan tersendiri untuk membimbing ini, apakah masuk kredit atau bagaimana sehingga dosen punya kredit poin. Dengan begitu, pembinaan terhadap mahasiswa lebih intensif” tegas dia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UAD Drs. Muchlas, M.T. mengatakan pihaknya tengah menyusun rencana pemasukan pembimbingan karya ilmiah mahasiswa oleh dosen ke dalam kredit semester. Dengan begitu diharapkan pembinaan prestasi mahasiswa di bidang penalaran dan kreativitas semakin intensif. “selain itu untuk pengembangan prestasi di minat dan bakat seperti seni serta olah raga mulai 2013 kita akan memberikan beasiswa bagi atlet berprestasi untuk kuliah di UAD” tegasnya

 Sumber dari: Republika Halaman 20 Tanggal 2 Agustus 2012 

]]>