Uji Validitas Modul Pelatihan Perencanaan Lanjut Studi (Plans) Untuk Meningkatkan Adaptabilitas Karier Pada Siswa Boarding School

Oleh Siti Zenab Yuliati Sulaema dan Dian Kinayung

Abstrak:Penelitian ini bertujuan menguji validitas modul PLANS untuk memberikan intervensi adaptabilitas karier pada siswa boarding school. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAIT Abu Bakar. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 6 siswa Proses uji validitas isi melalui professional judgement dan uji validitas fungsional dengan metode kuasi eksperimen. Berdasarkanhasil uji validitas isi modul mengggunakan Aiken’s V menunjukkan nilai yang berkisarantara 0,75 – 0,90 yang berarti modul memiliki validitas isi yang baik. Sedangkan hasil uji validitas fungsional dengan menggunakan kuasi eksperimen yang dianalisis melalui teknik uji Wilcoxonmenunjukkan terdapat perbedaan skor adaptabilitas karier siswa antara sebelum dan sesudah diberi intervensi uji coba modul PLANS p=0,046 (p< 0,05) dan z = -1.997. Artinya bahwa modul “PLANS” memiliki validitas yang memadai dalam memberikan intervensi adaptabilitas karier pada siswa boarding school

Kata kunci: adaptabilitas karier, boarding school, perencanaan karier, validitas modul “PLANS”