Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Bullying

Oleh: Arina Bintan Kamilah, Dias Permata

Abstrak:

Pendidikan membantu dalam mewujudkan generasi yang berkualitas. Kualias yang ingin dicapai masih belum dicapai dnegan baik karena adanya perilaku yang merusak kualitas diri yaitu bullying. Perilaku bullying pada sisa tidak lepas dari tanggung jawab guru BK. Guru BK memliki peranan penting dalam mengatasi dan mencegah perilaku bullying menjadi hal yang sulit dikendalikan. Metode yang digunakan berupa studi deskriptif tentang perilaku bullying yang perlu diperhatikan guru bka dalam meelakukan pencegahan untuk bullying sehingga guru bk menjadi lebih paham dan mendalami perannya dalam terhadap perilaku bullying yang terjadi. 

Kata Kunci: Guru BK, Konselor, Bullying, Peran

PENGGUNAAN POHON KARIR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Oleh: Aghtia mutiara larasati, Jamaludin, Elita agustiani, Agung budi prabowo

Abstrak:

Latar belakang dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan self control dalam mengurangi perilaku agresif  menggunakan pohon karir siswa di SMP Muhammadiyah Kasihan Bantul  dikarenakan masih rendahnya self control siswa di kelas VII  sehingga diperlukannya layanan bimbingan kelompok media karir untuk meningkatkan self control siswa dalam mengurangi perilaku agresif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah self control siswa melalui layanan bimbingan kelompok media pohon karir di kelas VII dapat meningkatkan dalam mengurangi perilalu agresif siswa? Tujuannya untuk mendeskripsikan hasil self control dapat mengurangi perilaku agresif siswa kelas VII. Penelitiian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang terdiri dari II siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIImelalui layanan bimbingan kelompok.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok,Self Control,Perilaku Agresif

Analisis Kesiapan Siswa Dalam Pembelajaran Daring di SMP Negeri 3 Bantul

Oleh Widya Mayang Sari, Ahmad Hariri dan Rusmining

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan siswa kelas VII dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Bantul. Karena sedang masa pandemi maka pembelajaran di SMP Negeri 3 Bantul dilakukan secara daring. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dilakukan dengan cara menyebar angket kepada siswa yang dijadikan subjek penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan melalui angket yang diberikan kepada siswa melalui google forms yang dikirim di whatsapp group. Dapat disimpulkan bahwa kesiapan siswa dalam pembelajaran daring sudah baik karena sebagian besar siswa menyiapkan segala hal sebelum pembelajaran dimulai. Ada banyak kendala yang dialami siswa kelas VII selama pembelajaran daring salah satunya kuota boros dan sinyal yang tidak bagus sehingga menghambat siswa disaat pembelajaran berlangsung

Kata kunci: Kesiapan; Belajar; Daring

Pentingnya Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19

Oleh Riski Amalia, Aldila Ramradha dan Fauzia, M.A

Abstract:

The world of education cannot even escape from the impact of the COVID-19 pandemic. Learning activities have undergone significant changes, both in the curriculum and in online learning activities. Sudden adapting is certainly not an easy thing, especially for children. Then, parents play an important role in guiding their children to adapt to learning activities during the pandemic.

Key Words:

Parental roles; pandemic; home learning activities.

Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi

Oleh

Abstrak:

Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID19) telah mengganggu proses pembelajaran secara langsungSehingga diperlukan solusi untuk bisa menjawab permasalahan tersebutPembelajaran online adalah salah satu solusi yang dapat mengatasi masalah ditengah pandemi iniTujuan daripada  penelitian ini  adalah dapat  meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran online pada saat masa pandemi.

Kata kunci: Pembelajaran online, meningkatan keaktifan siswa, pandemi Covid19.

Pembelajaran Matematika Berbasis Whatsapp di Era Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Sewon

Oleh Destyane Eka Putri, Dhiya Rohadatul ‘Aisy dan Rusmining

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp merupakan solusi terbaik dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, serta untuk mengetahui bagaimana peran WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran matematika jarak jauh di SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian empiris dimana penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dari 136 peserta didik kelas X dan XII Tata Busana SMKN 2 Sewon ada 96 peserta didik yang menjawab kuisioner, terdapat 8 pertanyaan yang diberikan oleh peneliti yang berkaitan dengan apa yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran matematika berbasis WhatsApp. Sebanyak 69% peserta didik menganggap pembelajaran matematika dengan Whatsapp termasuk kedalam kategori baik, dimana WhatsApp merupakan wadah berdiskusi yang baik bagi 51% peserta didik, dengan 48% peserta didik merasa bahwa salah satu kelebihan WhatsApp yaitu adanya fitur voice note yang dibutuhkan peserta didik dalam pemahaman matematika. Disisi lain, hal tersebut masih belum dapat membuat peserta didik dapat memahami pembelajaran matematika dengan baik dimana dari 96 peserta didik terdapat 41 orang yang merasa kurang memahami materi matematika saat pembelajaran berbasis WhatsApp.

Kata kunci: Pembelajaran; Matematika; WhatsApp

 

Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Matematika

Oleh Nurul Khairah, Faudilla Siti Anisa, Ulfa Cantika Putri dan Dwi Astuti

Abstrak:

Pandemi COVID-19 berdampak signifikan dalam berbagai sektor salah satunya pada sektor pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk melakukan pembelajaran jarak jauh/daring membatasi pendidik dalam mengamati aktivitas peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada masa Covid-19 yang dilakukan secara daring. Aktivitas belajar yang dimaksud meliputi (1) spirit belajar atau semangat belajar, (2) kemandirian belajar, (3) keterlibatan peserta didik dalam mengumpulkan materi (bertanya), (4) keterlibatan peserta didik dalam mendiskusikan materi (menanggapi), dan (5) kontribusi peserta didik dalam menyelesaikan latihan/tugas yang diberikan oleh pendidik. Penelitian ini menggunakan angket kuisioner sebagai instrument penelitian dengan 28 responden yang diambil secara acak dengan rentang SMP-SMA di Bantul, Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan aktivitas belajar siswa SMP/MTs dan SMA/SMK/MA cukup baik, dimana peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Matematika, Pembelajaran Daring

Besarnya Peran Guru dalam Pembelajaran Daring

Oleh Annisa Maula R, Evlin Safera dan Ayu Wulandari

Abstract:

The Covid-19 pandemic has made the government implement online learning to break the chain of spread. Teachers must adapt and use various online platforms to carry out teaching and learning activities. But this is a problem for students, the teacher does not carry out their role as a guide maximally, instead only give assignments wihtout clear material. This article was written using literature review, using journals, news and books obtained online.  In the search process, some problems were experienced, but suggestions and recommendations were also included.

Key Words: Covid-19, Pembelajaran Daring, Peran Guru

Peranan Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Muhammadiyah 3 Wates

Oleh Diana Sri Rahayu, Indah Lestari Nur Hidayah, Effendy Hendra Kusuma dan Difa Ul Khusna, M.Pd.

Abstract:

School or Education Institutions are now getting attention from various circles this is due to the COVID-19 Pandemic period where students have to study or go to school at home, it can be called Online-based learning. This is inseparable from the role of parents, where parents must be willing not to work to monitor and teach their children when studying online or online. During the corona virus pandemic, it was not only parents who felt it was difficult, but teachers or educators had more difficulties. Where as educators not only carry out their duties as educators at school but teachers still have to take care of their children who also carry out online learning. At times like this the teacher doubles as an educator at school and also at home.

Key words: Education, Teachers, Parents

Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Wulan Septi Putri

Abstrak:

Di tengah pendemi seperti saat ini, peran orang tua  orang   dalam keluarga sangat mempengaruhi prestasi belajar anak. Peran keluarga khususnya orang tua sangat berpengaruh dalam meningkatkan semangat belajar dan prestasi belajar anak. Dengan adanya perhatian khusus yang diberikan kepada anak berupa dorongan dan motivasi akan meningkatkan pengembangan semangat belajar dan prestasi belajar. Terlebih ditengan pandemi seperti saat ini, dimana pembelajaran dilakukan secara daring yang membuat anak belajar dari rumah masing-masing. Sehingga dibutuhkan perhatian khusus dari orang tua kepada anak agar dapat tercapai keberhasilan belajar.  

Kata kunci: Pendidikan, Keluarga dan Prestasi Belajar