Pengalaman Guru PAI di SMP 1 BANGUNTAPAN dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Lia Ni’matul Maula1, Muhammad Fadhil Makarim2, Himatul Awwaliyah3, Hanif Cahyo AK4 

Abstrak: Salah satu dampak dari pandemi Covid-19 ialah dengan diberlakukannyya sistem pembelajaran dalam jaringan atau daring. Dengan pembelajaran jarak jauh siswa memiliki keluasan waktu dalam belajar. Siswa juga dapat berinteraksi dengan guru menggunakan aplikasi whatsapp grup, google classroom, zoom, dan lain-lain sehingga dapat lebih mudah. Saat ini, Aplikasi-aplikasi Pembelajaran berbasis internet juga terus berkembang pesat untul melengkapi aktivitas pembelajaran. Penelitian ini mengambil fakta-fakta yang diperoleh secara langsung dari sekolah tempat PLP II berlangsung yaitu di SMP Negeri 1 Banguntapan, dan juga diperoleh dari sumber yang sudah ada seperti web dan blog sekolah. Dari penelitian yang sudah dilakukan, didapatkan bahwa guru-guru PAI di SMP Negeri 1 Banguntapan cenderung memberikan kemudahan-kemudahan kepda para siswanya dalam melakukan pembelajaran daring ini. Kemudahan-kemudahan ini diberikan karena guru-guru PAI di SMP Negeri 1 Banguntapan ini sangat memahami keterbatasan yang dialami oleh para siswanya saat ini.

Kata Kunci: Covid-19, daring, google classroom, zoom, web.

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional

Analisis Mengenai Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA N 1 PUNDONG YOGYAKARTA

Oleh Efni Fazriah, Fahmi Syamsulhadi1 , Farid Setiawan2

Abstrak: Pembelajaran secara daring cukup sulit diterima bagi para orangtua yang berpenghasilan menengah kebawah. Namun dengan keterpaksaan agar tetap bisa mengikuti pembeljaran para orangtua siswa harus menyediakan media untuk bisa terakses ke jaringan intenet. Dengan keterbatasan ekonomi banyak dari orangtua siswa yang tidak mendampingi anak ketika menggunakan media karena sibuk bekerja, sehingga anak salah dalam menggunkan media. Situs-situs berita yang beredar di media juga banyak yang kurang mendidik sehingga sangat diprihatinkan jika anak sesusia mereka telah dimakan oleh berita-berita yang kurang mendidik.

Pada masa pandemi covid 19 siswa di haruskan untuk tetap dirumah dan belajar dengan menggukan media seperti classroom, ruang guru, zoom, dll. Namun banyak dari kalangan siswa yang merasa kurang efektif karena keterbatasan jaringan dan kouta sehingga sulit untuk memeahmi materi- materi yang telah disampaikan melalui jalur media tersebut. Disisi lain tantangan pembelajaran di masa-masa sekarang pun makin banyak dan pasti akan berubah mengikuti zaman, seperti halnya sekarang tantangan pembelajaran melalui jarak jauh adalah ketersediaan layanan internet.

Dapat disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran daring yang dilakukan masih butuh beberapa evaluasi seperti, media pembelajaran  siswa yang harus inovatif, tidak terlalu monoton dengan media pembelajaran itu-itu saja, dan tidak mengekang siswa agar siswa  tidak stress dan mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar

Kata Kunci: Efektivitas, Daring, jaringan.

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Analisis Kesalahan Ejaan pada LKS Pidato Persuasif Kelas IX SMP Muhammadiyah 1 Pundong

Oleh Anggita Surya Siwi Luthfiani1*), Hermanto2

Abstract: The problem in this research is the forms of spelling errors on the worksheets of grade IX students of SMP Muhammadiyah 1 Pundong in persuasive speech text material. This study aims to describe the form of spelling errors in the results of writing persuasive speech text for students of SMP Muhammadiyah 1 Pundong. This research uses descriptive qualitative method. The data collection technique used is the reading note technique. The type of data used in this research is written data which comes from students’ answers on the student worksheets of persuasive speech text material at SMP Muhammadiyah 1 Pundong. The results of this study indicate that the spelling errors on the worksheets of the students of SMP Muhammadiyah 1 Pundong in persuasive speech text material were 72 errors which included 34 capital letters writing errors, 31 word writing errors including prepositions and affixes writing errors, and 7 errors in using punctuation includes errors in using period punctuation marks and misuse of commas.

Keywords: Spelling mistakes, language errors, spelling, speech.

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Oleh Rida Krisnawati1*), Intaha Ainun Zulkhaini2, &Sutipyo R3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Pajangan, yang mana selama pandemic COVID-19 mengharuskan para siswa untuk belajar dari rumah. Didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini banyak siswa yang merasa pembelajaran daring kurang efektif, karena materi yang disampaikan oleh guru sulit untuk dipahami, ditambah minimnya penjelasan dari guru karena tidak bertemu secara tatap muka. Selain itu kuota internet yang cukup boros (cepat habis) membuat beberapa siswa kesulitan untuk mengikuti pembelajaran daring dengan maksimal. Siswa juga merasa hubungan social dengan teman – temannya sangat kurang, hal ini lebih dirasakan oleh siswa kelas X karena belum pernah bertatap muka secara langsung dengan teman – teman satu kelasnya.

Keywords: Efektivitas, Daring, Pembelajaran Daring. 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Jawaban Tugas Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah Banguntapan

Oleh Nadia Mawar Janah 1*), Eka Apriana Putri2

Abstract: The purpose of this study is to describe: (1) the language errors that exist in the answers to the assignments of SMP Muhammadiyah Banguntapan students, (2) Indonesian language teaching problems which are focused on fostering writing skills of Muhammadiyah Banguntapan students and how to solve them. The subjects in this study were students of SMP Muhammadiyah Banguntapan itself and the object of this study was language errors in the answers to the assignments of students of SMP Muhammadiyah Banguntapan. The method used in this research is the observation method with the advanced technique of note taking. And the data source used is the answer to the assignment from the google form provided by researchers while teaching at SMP Muhammadiyah Banguntapan. The results of this study were 14 spelling errors, then there were 18 errors in capital letters, 5 errors in joining words, there were 3 errors in writing up words, 2 errors in writing separate words, 2 errors in writing in word abbreviations, and finally 1 error in semantic word.

Keywords: Language Errors, Indonesian Spelling

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Pengalaman Guru PAI dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Oleh Mufarrochatul ‘Ainiyah1,Septy Liestia Utari2,Sutipyo3

Abstract: Education in the 4.0 era is marked by technological advances in various fields, it does not rule out the possibility of happening in the education sector. The discoveries related to the use of technology and the internet are growing rapidly. Coupled with this pandemic outbreak, it provides opportunities for technology to be used. Nothing but nothing but especially online learning. Where a teacher is required to use technology as a means of communication between educators and students online. Online learning is used to make learning more innovative, effective, efficient, and fun and to make learning more contextual. However, among its uses, online learning has its advantages and disadvantages.

Keywords: Experience, Education, Online 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Analisis Pembelajaran Daring Melalui Microsoft Kaizala di Sekolah : “Studi Kasus di SMA N 1 Pajangan Bantul”

Oleh Binti Astuti1, Nidaaul Khasanah2, A. Fitriansyah Mandala Putra3, Sutarman4.

Abstrak: Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pemaanfaatan daan pengunaan media pembelajaran melalui Kaizala. Kemudian dapat menjadi bahan evaluasi bagi sekolah dalam melaksanakan pembelajaran daring ditengah pandemi ini. Pembahasaan meliputi penggunaan Kaizala dalam pembelajaran, kelebihan dan kekurangannya serta permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran daring ini melalui kaizala. Mengangkat studi kasus di SMA N 1 Pajangan yang kemudian disajikan dalam bentuk analisis deskriptif.  Hasil penelitian menujukkan penggunaan Kaizala sebagai media pembelajaran daring di SMA N 1 Pajangan dimaksudkan sebagai media informasi atau media pembelajaran terstruktur, secara tujuan pembelajaran sama akan tetapi dari sisi praktik berbeda mulai dari jam pembelajaran dan cara mengajar sampai pada pengalaman peserta didik. 

Kata Kunci: Pembelajaran online, media pembelajaran, Kaizala

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

PERUBAHAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA DARING DI SMA KOLOMBO YOGYAKARTA

Oleh Binti Astuti1, Nidaaul Khasanah2, A. Fitriansyah Mandala Putra3, Sutarman4.

Abstrak Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasikan dan mendapatkan informasi tentang adanya perubahan karakteristik belajar peserta didik ditengah pandemi Covid-19, dengan menggunakan sistem belajar jarak jauh secara online, penelitian ini mengunakan presedur penelitian langsung observasi langsung kesekolahan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, menggambarkan fenomena perubahan yang terjadi secara faktual, kemudian menganalisis fenomena perubahan tersebut. Penelitian yaitu, terdapat adanya perubahan belajar, yang dialami peserta didik ketika melakukan jarak jauh secara online, yaitu penguasaan teknologi masih kurabf, penambahan biaya kouta internet. Adanya perubahan karakter belajar yang dialami peserta didik yaitu, peruahan intensional, perubahan positif-aktif, dan perubahan efektif fungsional. 

Keywords: Perubahan Karakter, Pebelajaran.

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Pembelajaran Virtual Menggunakan Aplikasi WAG (Whatsapp Aplikasi Group) di SD Muhammadiyah Domban 1

Oleh: Novia Damaiyanti , Ervin Sulistiyawati , Dwica Kusuma Setyari, &  Asih Mardati

Abstract:

Progress in the existing information and communication technology is not easily accepted by all people, especially in the field of education. With the COVID-19 pandemic outbreak, which requires all students of various levels to carry out learning activities at home using sophisticated communication media. One application that is often used by everyone is Whatsapp. This study aims to determine the use of the Whatsapp application in the online learning process at SD Muhammadiyah Domban 1 during the COVID-19 Pandemic. This research was conducted with a descriptive survey method with a phenomenological qualitative approach. The research subjects used were students of SD Muhammadiyah Domban 1. The results of this study were that there must be good communication with each student’s parents in order to take advantage of information technology in online learning, especially the Whatsapp group.

Key Words: smartphones, information and communication technology, online learning

Penyampaian Materi Teks Fantasi SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Melalui Media Online

Oleh Muhammad Nur Hudzaifah dan Sudaryanto

Abstract:

The purpose of the discussion and the results of the observations is to help teachers easily formulate and prepare strategies in delivering online learning materials which are now urgently needed during the Covid-19 pandemic. In addition, this article also provides steps that teachers must pay attention to in preparing for grade 7 SMP Indonesian Fantasy text materials.

Key Words: Media, Learning, Fantasy Text