Hubungan Antara Keterampilan Sosial dengan Tingkat Adiksi Game Online pada Remaja Awal

Oleh Khaidir Ali dan Alfi Purnamasari

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dengan tingkat adiksi game online pada remaja awal. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta dengan sampel sebanyak 68 orang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Skala Adiksi Game Online dan Skala Keterampilan Sosial. Metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis product moment dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling.  Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa adiksi game online masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 55 siswa (80,9%) dan keterampilan sosial masuk pada ketegori sedang dengan jumlah 53 siswa (78%). Keterampilan Sosial memiliki sumbangan efektif sebesar 6,8% terhadap Adiksi Game Online. Hasil dari analisis data hipotesis menunjukan bahwa nilai koefisien R = -0,261 dengan nilai p = 0,032 (p< 0,05), Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima. Hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang signifikan antara keterampilan sosial dengan tingkat adiksi game online pada remaja awal.

Kata kunci: Adiksi Game Online, Keterampilan Sosial