Yuk, Intip 3 Materi Softskills Tahap 1 2023 yang Penting Diketahui Mahasiswa UAD

Menjadi seorang mahasiswa, tentunya memiliki sebuah goals kehidupan yang ingin dicapai setelah lulus nanti, misalnya menetapkan karier. Terkadang mahasiswa bingung ingin melanjutkan karier apa nantinya? Bahkan ga jarang mereka jadi overthinking dan down. Hmm sepertinya rumit banget yaa kronik kehidupan para mahasiswa.     

Tapi kalian ga usah khawatir, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) khususnya di Biro Kemahasiswa dan Alumni (Bimawa), memberikan solusi terbaik untuk mahasiswanya dalam menemukan minat dan bakat. Solusi tersebut dikemas dalam sebuah kegiatan pelatihan yang ditujukan untuk mahasiswa baru, yaitu Pelatihan Softskills Tahap 1.

Dilansir dalam (gramedia.com) softskills adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang secara alami yang meliputi kecerdasan, emosional maupun sosial, kemampuan berinteraksi dengan masyarakt atau individu, dan semacamnya, yang perlu digaris bawahi adalah softskills merupakan karakter bawaan seseorang.

Memiliki kemampuan softskills sangat penting bagi kehidupan manusia. Hal ini sejalan dengan pendapat Choirul Fajri, S.I.Kom, M.A yang merupakan Kepala Bimawa UAD. Menurutnya memiliki kemampuan hardskill itu penting, namun tidak cukup hanya memiliki kemampuan tersebut. Harus ada kemampuan softskill yang mengimbanginya, karena penelitian membuktikan ada 80% kesuksesan dihasilkan oleh kemampuan softskill. Dengan begitu, hal inilah yang mendorong UAD mengadakan softskill. Selain itu, pelatihan softksills juga merupakan upaya UAD dalam memberikan spirit berkarier mahasiswanya.

Mengenal dan mengikuti softskills tanpa tahu muatan isinya secara jelas, itu tidak cukup. Mahasiswa perlu memahami muatan kontennya, agar saat pelaksanaan softskills mereka dapat menerapkannya dengan baik. Berdasarkan modul pelatihan softskill tahap 1, ada tiga materi penting yang disajikan oleh UAD meliputi.

Pertama, terkait takwa dan amanah sebagai pembelajar. Materi ini adalah materi tambahan pada softskills. Di sana mahasiswa akan diajarkan mengenai karakter takwa dan amanah yang harus mereka miliki, dan adab kepada sesama. Seperti beriman kepada yang ghaib, mendirikan salat, bersedekah, menahan amarah, memaafkan, bertaubat atas kesalahan yang pernah dilakukan, menjaga rahasia, memelihara titipan dan mengembalikannya seperti semula, tidak menyalahgunakan jabatan, serta menunaikan kewajiban dengan baik. Selain itu, ada tabel refleksi diri terkait dengan karakter takwa dan amanah, yang dapat para mahasiswa isi.

Kedua, materi my journey carrer yang bertujuan agar mahasiswa mampu mengenal dirinya, merencanakan target yang ingin dicapai, dan memiliki langkah-langkah nyata dalam menggapai cita-cita, sesuai dengan minat, bakat, serta karakteristik pribadi mereka. Adapun muatan isi materi ini akan membahas mengenai asesmen minat karier, identifikasi kompetensi dan cara mengembangkannya, serta merencanakan aktivitas selama studi. Selain itu, dijelaskan oleh Caraka Putra Bakti, M.Pd selaku Kepala Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan Bimawa UAD bahwa, perancangan karier yang akan dibuat mahasiswa nantinya, akan didampingi oleh mahasiswa pendamping angkatan, yang berfungsi sebagai pengarah bakat dan potensi mahasiswa. Hal tersebut agar potensi mahasiswa dapat digali secara mendalam.

Ketiga, materi terakhir yang disajikan dalam softskills tahap 1 mengenai keterampilan sukses yang memiliki beberapa muatan isi meliputi, learning agility yang merupakan kemampuan belajar dari pengalaman yang ada, kemudian merealisasikan nilai yang sudah didapat untuk mencapai kesuksesan si situasi baru. Selanjutnya, ada critical thinking yaitu kemampuan individu untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah. Adapun pada materi ini mahasiswa nantinya akan diajarkan mampu mencari jalan keluar yang sehat, saat mereka mengalami down dalam mencapai kesuksesan.

Nah, tiga materi di atas merupakan formula penting dalam kegiatan softskills tahap 1, yang harus diketahui mahasiwa. Dengan begitu, diharapkan agar mereka mendapatkan stimulus yang baik, sebelum nantinya akan merealisasikan nilai-nilai softskill dalam kehidupan selanjutnya. Yuk Mari rancang bersama Bimawa UAD goals masa depanmu! Kamu berhak untuk sukses!

Penulis: Annisa Maulida Ramadhani

Fotografer: Nuril Ikhsan

Referensi:

Tim Universitas Ahmad Dahlan. 2022. Modul Pelatihan Softskills Tahap 1. Yogyakarta: UAD Press.
Gramedia.com. 17 Agustus 2022. Pengertian Softskill dan Contoh Softskill. Diakses pada 07 Maret 2023, dari https://www.gramedia.com/best-seller/soft-skill/