Talkshow “Fear of Missing Out”

Sabtu, 03 Desember 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow dengan tema “Fear Of Missing Out (FOMO)”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal Youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 120 kali oleh penonton.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Anty Kunanti yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang narasumber Sumini S.Pd yang merupakan alumni mahasiswi Bidikmisi Program Studi Bimbingan dan Konseling UAD 2015. Kegiatan talkshow berjalan interaktif dan membahas mengenai Fear Of Missing Out (FOMO).  Kata FOMO tentu tidak asing lagi di kalangan anak muda, FOMO merupakan rasa takut karena tidak mengikuti aktivitas tertentu atau merasa cemas karena tertinggal akan sesuatu hal seperti informasi, berita, tren, dan lain-lain. FOMO tidak bisa dihindari karena seseorang pasti akan merasakan FOMO. Akan tetapi, FOMO ini dapat dijadikan pengingat (reminder) bagi diri kita sendiri. FOMO tidak hanya berkaitan dengan media sosial, melainkan mengenai adanya rasa takut ketinggalan akan suatu hal.

Kegiatan talkshow ini sangat menarik dan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Fear Of Missing Out (FOMO) yang tidak asing lagi di kalangan mahasiswa dan generasi muda. Bersama narasumber, kita dapat memahami mengenai FOMO dan bagaimana cara mengatasi FOMO. Talkshow hari ini menjadi pengingat bahwa kita perlu bijaksana dalam bermedia sosial dan kita perlu untuk melakukan tindakan nyata agar bisa adaptif dalam menghadapi perasaan FOMO. Kita juga dapat melihat sudut pandang lain dari FOMO yaitu dengan menemukan peluang positif seperti pengembangan diri.

Tonton video selengkapnya di : https://youtu.be/9-d3yopt5xU