STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KAMPUNG WISATA BATIK GIRILOYO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG

Oleh: Widya Yusman

Abstrak:

Studi ini berusaha menganalisis strategi komunikasipemasaran yang dilakukan Kampung Wisata Batik Giriloyo Yogyakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran Kampung Wisata Batik menggunakan media, facebook, instagram dan website mengadakan atraksi  wisata  dan  pameran  dagang  serta  word  of  mouth  (mulut  ke  mulut). Kegiatan public relations yang dilakukan yaitu peran  Kampung Wisata Giriloyo yang  melaksanakan  sosialisasi  kepada  masyarakat  Yogyakarta  tentang  hal-hal yang berkaitan dengan Kampung Wisata Batik Giriloyo,dan yang terakhir yang dilakukan adalah kegiatan personal selling. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa kebanyakan wisatawan yang berkunjung mengetahui tentang keberadaan dan ingin berbelanja di Kampung Wisata Batik Giriloyo yaitu dari informasi mulut kemulut (word of mouth).

Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Batik Yogyakarta, Giriloyo