STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KAMPUNG WISATA BATIK GIRILOYO YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG
Oleh: Widya Yusman
Abstrak:
Studi ini berusaha menganalisis strategi komunikasipemasaran yang dilakukan Kampung Wisata Batik Giriloyo Yogyakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneltian menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran Kampung Wisata Batik menggunakan media, facebook, instagram dan website mengadakan atraksi wisata dan pameran dagang serta word of mouth (mulut ke mulut). Kegiatan public relations yang dilakukan yaitu peran Kampung Wisata Giriloyo yang melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat Yogyakarta tentang hal-hal yang berkaitan dengan Kampung Wisata Batik Giriloyo,dan yang terakhir yang dilakukan adalah kegiatan personal selling. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa kebanyakan wisatawan yang berkunjung mengetahui tentang keberadaan dan ingin berbelanja di Kampung Wisata Batik Giriloyo yaitu dari informasi mulut kemulut (word of mouth).
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Batik Yogyakarta, Giriloyo