STRATEGI KOMUNIKASI PROMOSI WISATA CAGAR BUDAYA BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) D.I YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI SITUS WARUNGBOTO YOGYAKARTA
Oleh: Muhammad Fakhri
Abstrak:
Studi ini berusaha menganalisis strategi komunikasi promosi wisata cagarbudaya Situs Warungboto oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) D.I Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi promosi BPCB D.I Yogyakarta dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Situs Warungboto. Pelaksanaan promosi Situs Warungboto dilakukan oleh Kegiatan Teknis yang dipimpin seorang Kepala Seksi Perlindungan dan Pemeliharaan, yang membawahi Kelompok Dokumentasi dengan kegiatan dokumentasi dan publikasi/perpustakaan. Hasil yang diperoleh adalah, dalam mempromosikan strategi komunikasi promosi obyek wisata cagarbudaya, khususnya di Situs Warungboto, faktor-faktor seperti periklanan, hubungan masyarakat, dan publisitas sudah dijalankan dengan baik. Hanya saja yang menjadi hambatan adalah sebagian tanah dari Situs Warungboto masih digunakan oleh warga dan belum bisa dibebaskan. Meskipun demikian, Kegiatan Teknis memiliki keahlian dalam menjalankan kegiatan tersebut, yaitu di Kelompok Dokumentasi dengan kegiatan dokumentasi & publikasi/perpustakaan yang berkaitan dengan pengoperasian website, media sosial, dan lain sebagainya, sehingga strategi promosi Situs Warungboto dapat dilakukan dengan baik.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Promosi, Wisata Cagarbudaya, BPCB DIY, Situs Warungboto