HUBUNGAN PEMAHAMAN PRODUK MINUMAN KEMASAN HALAL TERHADAP MINAT BELI DAN UJI KADAR ETANOL PADA SAMPEL MINUMAN KEMASAN MENGGUNAKAN METODE GAS CHROMATOGRAPHY
Oleh: Rahma Anggita Putri, Nurkhasanah, & Amalya Nurul Khairi
Abstrak:
Mayoritas penduduk Indonesia adalah pemeluk agama Islam. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan minuman maupun makanan halal menjadi potensi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat mengenai produk dengan minat beli minuman kemasan dan mengetahui kadar alkohol pada produk minuman kemasan. Teknik pengumpulan data adalah dengan mengumpulkan data responden dengan kuisioner online maupun offline. Data utama yang diperoleh dari kuesioner (pernyataan) yang dianalisis menggunakan correlation product moment dengan bantuan SPSS. Penetapkan kadar etanol pada 6 sampel minuman kemasan menggunakan metode Gas Chromatography (GC). Analisis kualitatif dilakukan dengan membandingkan waktu retensi (tR) senyawa sampel dengan senyawa pembanding pada kromatografi gas (GC). Analisis kuantitatif yang dilakukan adalah penetapan kadar etanol berdasarkan AUC sampel serta AUC kurva baku etanol. Kadar alkohol dinyatakan dalam % v/v. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman produk responden berpengaruh signifikan (p < 0,05) terhadap minat beli minuman kemasan.
Kata Kunci: Pemahaman Produk; Minat Beli; Minuman Kemasan; Alkohol; Kromatografi Gas.