STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL LKP RESTIA SETIR MOBIL DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN
Oleh: Chandra Bestari Herlisna Putri
Abstrak:
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal LKP Restia Setir Mobil dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Komunikasi merupakan salah satu komponen penting dalam dunia ini untuk bersosialisasi dengan masyarakat dalam dunia nyata. Dalam dunia ini,manusia perlu untuk saling berkomunikasi antara manusia dengan manusia lainnya. Komunikasi juga sangat berperan penting dalam susksesnya sebuah usaha dibidang jasa, usaha jual beli maupun perusahaan. Disini, LKP (Lembaga Keterampilan & Pelatihan) Restia Setir Mobil menggunakan komunikasi interpersonal dalam menghadapi, melayani mapun bertemu dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna komunikasi interpersonal yang ada dan digunakan dalam LKP Restia Setir Mobil.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif yang merupakan metode untuk menganalisis menggunakan data primer yang bersumber dari data primer penelitian lapangan dan data sekunder melalui studi kepustakaan. Dalam jenis penelitian ini diusahakan untuk memberi suatu uraian yang deskriptif mengenai suatu kolektivitas dengan syarat bahwa representativitas harus terjamin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang bersumber dari pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, dan sumber data Sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penulisan ini. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa komunikasi interpersonal merupakan startegi tepat yang digunakan oleh LKP Restia Setir Mobil untuk melancarkan dan mensukseskan lembaga tersebut. Ditinjau dari startegi komunikasi yang digunakan, komunikasi interpersonal merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai acuan komunikasi dari instruktur kepada siswa dan sebaliknya. Peneliti menemukan bahwa yang dimaksud dalam komunikasi interpersonal di dalam LKP Restia Setir Mobil adalah terjadinya komunikasi dua arah yang baik antara siswa kepada instruktur dan siswa yang menjadikan pelatihan dapat berjalan dengan lancar dengan suasana yang nyaman dan positif.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, LKP Restia Setir Mobil, komunikasi