STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT ANINDYA MITRA INTERNASIONAL GUNA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN TRANS JOGJA SEBAGAI TRANSPORTASI HARIAN
Oleh: Muhamad Tahir
Abstrak:
Trans Jogja merupakan transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini Trans Jogja dikelola oleh PT Anindya Mitra Internasional. Kemajuan teknologi saat ini sudah masuk ke semua lini kehidupan termasuk dalam hal transportasi dengan hadirnya transportasi online saat ini tentu akan mempengaruhi minat masyarakat terhdapa Trans Jogja. Penelitian ini menjelaskan bagaimana strategi yang dilakukan oleh PT Anindya Mitra Internasional guna meningkatkan minat masyarakat terhadap Trans Jogja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah PT Anindya Mitra Internasional sudah melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan minat masyarakat dengan fokus peningkatan pelayanan. Dianataranya dengan upaya memperketat perekrutan karyawan, melakukan pembinaan karyawan, menambah jumlah halte atau portable dan fasilitasnya, membahas rencana jalur khusus, membuat poster larangan, dan menambah jumlah armada namun dari upaya yang sudah dilakukan belum sepenuhnya maksimal. Faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih transportasi lain karena lebih cepat dan lebih nyaman.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Persaingan, PT Anindya Mitra Internasional