STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT ANINDYA MITRA INTERNASIONAL GUNA MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGGUNAKAN TRANS JOGJA SEBAGAI TRANSPORTASI HARIAN

Oleh: Muhamad Tahir 

Abstrak:

Trans   Jogja   merupakan   transportasi   umum   yang   disediakan   oleh pemerintah Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini Trans Jogja dikelola oleh PT Anindya Mitra Internasional. Kemajuan  teknologi  saat  ini  sudah masuk  ke semua lini  kehidupan termasuk dalam hal transportasi dengan hadirnya transportasi online saat ini tentu akan mempengaruhi minat masyarakat terhdapa Trans Jogja. Penelitian  ini  menjelaskan  bagaimana strategi  yang  dilakukan  oleh PT Anindya Mitra Internasional guna meningkatkan minat masyarakat terhadap Trans Jogja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil  dari  penelitian  ini adalah PT  Anindya Mitra  Internasional  sudah melakukan strategi komunikasi untuk meningkatkan minat masyarakat  dengan fokus   peningkatan   pelayanan.   Dianataranya   dengan   upaya   memperketat perekrutan karyawan, melakukan pembinaan karyawan, menambah jumlah halte atau portable dan fasilitasnya, membahas rencana jalur khusus, membuat poster larangan, dan menambah jumlah armada namun dari upaya yang sudah dilakukan belum sepenuhnya maksimal. Faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih transportasi lain karena lebih cepat dan lebih nyaman.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Persaingan, PT Anindya Mitra Internasional