MANAJEMEN ISU PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (STUDI PRAKTIK PUBLIC RELATIONS PADA PT PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT PELAKSANAAN PELAYANAN PELANGGAN YOGYAKARTA TERKAIT ISU PELANGGAN RENDAH DAYA DAN PROGRAM PEMELIHARAAN JARINGAN LISTRIK)

Oleh: Norma Islamiah

Abstrak:

Isu merupakan suatu persepsi yang muncul di publik terhadap suatu perusahaan, bisa jadi isu tersebut merupakan isu yang menguntungkan perusahaan dan adapun isu yang dapat merugikan perusahaan, maka dari itu perusahaan harus memiliki manajemen isu untuk menurunkan isu yang negatif agar tidak menjadi krisis pada perusahaan. PT.PLN UP3 Yogyakarta merupakan suatu perusahaan yang menyediakan jasa listrik dan layanan kepada pelanggannya, tentunya PT.PLN UP3 Yogyakarta juga sering mendapatkan isu dari pelanggan mengenai program dan layanan yang di jalankan. Hasil dari penelitian ini Humas PT.PLN UP3 Yogyakarta membuat manajemen isu yang terstruktur dan baik untuk menurunkan isu negatif dan memperbaiki komunikasi melalui berbagai platform media sosial seperti permintaan maaf dan membuat talkshow yang melibatkan pelanggan, serta menyediakan program yang sangat membantu pelanggan menyelesaikan masalah yang ada. Manajemen isu yang dilakukan oleh setiap perusahaan berbeda-beda dan PT.PLN UP3 Yogyakarta bisa membuat manajemen isu dengan sangat baik.

Kata Kunci: Manajemen Isu, Isu, Humas PT.PLN UP3 Yogyakarta