ANALISIS FRAMING PESAN DALAM IKLAN PRABOWO- SANDI VERSI BERGERAK BERSAMA GERINDRA DAN RAKYAT PADA PEMILU TAHUN 2019

Oleh: Muh.Ihyar

Abstrak:

Iklan adalah salah satu sarana komunikasi yang efektif, oleh karena itu saat ini sangat banyak yang memanfaatkan media iklan untuk menyalurkan pesan dan informasi, terkhusus pada suatu perusahaan, pengusaha, dan partai politik. Salah satunya adalah iklan Prabowo-Sandi yang berjudul “Bergerak Bersama Gerindra. Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  bagaimana  pesan dalam iklan Prabowo-Sandi versi “Bergerak Bersama Gerindra dan Rakyat” dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan penggambaran tokoh lulusan sarjana arsitek. Pesan yang dianalisis dalam penelitian ini berupa dialog antara  anak  dan  kedua  orang  tua  setelah   wisuda  dan  saat  mencari  dan mendapatkan pekerjaan. Hasil dari penelitian ini adalah iklan politik Prabowo-Sandi menginterpretasikan unsur pesan dalam bentuk gambar dan dialog dengan tujuan menyindir atau mengkritik masa pemerintahan Joko Widodo yang dianggap gagal dalam menciptakan kesejahteraan rakyat. Dengan slogan kerja, kerja, kerja dan penggambara tokoh sarjana arsitek, Prabowo ingin mengatakan kepada khalayak ramai bahwa kondisi lapangan pekerjaan saat ini sangat susah, sehingga menyebabkan masyarakat dan lulusan sarjana banyak yang pengangguran. Iklan tersebut menggambarkan lulusan sarjana arsitek yang baru saja diwisuda dengan predikat   cumlaude   ternyata   mendapatkan   banyak   kendala   dalam   mencari pekerjaan. Setelah mengangkat beberapa permasalahan, kemudian muncullah sosok Prabowo, yang dapat diartikan sebagai solusi dari beberapa masalah seperti yang di gambarkan dalam iklan.

Kata Kunci: Analisis Framing, pesan, Iklan Politik Prabowo-Sandi.