Pola Asuh Otoriter Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA

Oleh Octavian Putra Yusuf dan Mujidin 

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh otoriter orangtua dengan motivasi belajar pada siswa SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 sekolah MAN 1 Yogyakarta yang berjumlah 107 siswa di kelas 3 dan sampel yang digunakan sebanyak 65 siswa secara random. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan berupa skala motivasi belajar dan pola asuh otoriter orang tua. Analisis data yang digunakan adalah product moment. Hasil analisis data menunjukan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan antara pola asuh otoriter orang tua dengan motivasi belajar, dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,000 (p < 0,01) dan koefisien korelasi (r) sebesar -0,656. hasil penelitian diketahui koefisien determinan ?2 = 0,431 (43,1%). Hal ini berarti sumbangan efektif pola asuh otoriter orang tua terhadap motivasi belajar sebesar  43,1% sedangkan sisanya sebesar 61,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara pola asuh otoriter orangtua dengan motivasi belajar, dimana semakin tinggi pola asuh otoriter orangtua maka motivasi belajar semakin rendah, begitu juga sebaliknya.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Pola Asuh Otoriter Orang tua.