Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kecemasan Akademik pada Siswa SMK Negeri 3 Kasihan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Oleh Irfan Nur Fauzi
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan akademik pada siswa SMSR Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII tanpa membedabedakan apapun jenis kelaminnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan skala sebagai alat pengumpulan data. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala regulasi emosi dan skala kecemasan akademik. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis product moment. Hasil dari analisis data dalam penelitian menyatakan hipotesis hubungan antara regulasi emosi dengan kecemasan akademik diterima dengan nilai koefisien R = -0,323 p = 0,014 (p < 0,01). Kesimpulan dari hasil penelitian ada hubungan negatif yang signifikan antara regulasi emosi dengan kecemasan akademik dengan sumbangan efektif sebesar 10,4%. Hasil kategorisasi menunjukkan sebagian besar subjek penelitian yaitu 57,894% subjek memiliki regulasi emosi sedang dan 98,245% subjek memiliki kecemasan akademik yang sedang pula.
Kata kunci: Kecemasan Akademik, Regulasi Emosi, Siswa SMA.