Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Sistem Pencernaan Dilengkapi Teki-Teki Silang untuk Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan
Oleh Mega Lucyana Dewi dan Agus Wasisto
Abstrak
Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan materi sistem pencernaan merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas VIII, terlihat dari sebagian siswa yang belum mencapai KKM (75). Semangat belajar siswa yang rendah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta istilah-istilah ilmiah yang belum dipahami dimungkinkan menjadi penyebabnya. Penyebab lain yaitu keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan, mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan CD Interaktif materi sistem pencernaan dilengkapi teka-teki silang berbasis flash. Penelitian ini merupakan penelitian research and Development (R&D) dan diujicobakan menggunakan desain One-shot case study. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi ahli, revisi, ujicoba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 15 siswa dan uji coba skala luas dilakukan pada 25 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Hasil analisis ketersediaan media pembelajaran yang digunakan di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan adalah LKS, LDS, buku paket, modul, gambar, video, dan Media slide Microaoft Power Point, namun media berbasis computer belum tersedia. Penilaian ahli menunjukkan bahwa CD Interaktif dilengkapi teka- teki silang berbasis flash sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan hasil belajar secara klasikal 80% siswa mencaapai KKM dan secara klasikal persentase penilaian aktivitas siswa 81 % dengan kriteria aktif dalam proses pembelajaran. Tanggapan siswa dan guru menunjukkan CD interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash baik digunakan media pembelajaran.
Kata Kunci: CD Interaktif, media pembelajaran, teka-teki silang berbasis flash, sistem pencernaan