Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menanamkan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Himpunan Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 4 Depok Sleman Tahun Ajaran 2019/2020
Oleh Anggraeni Arum Solikhah dan Suparman
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektidan LKPD dengan menanamkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan mengetahui kefektifan LKPD yang dikembangkan terhadap kemampuan komunikassi peserta didik SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Tahun Ajaran 2020/2021.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE ( analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman dengan terbagi menjadi dua uji coba yaitu uji coba skala kecil yang berjulah 5 peserta didik dan sekala besar yang berjumlah 28 peserta didik dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data angket uji validasi ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik, dan lembar uji komunikasi matematis pesertadidik. Untuk teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis evalidan, kepraktisan dan keefektifan.Hasil penelitian dari hasil uji validasi LKPD termasuk dalam kriteria valid dari segi presentase rata-rata, penilaian ahli materi adalah 4,5 dengan kategori baik(?̅ > 4,2) dan ahli media 4,2 dengan kategori baik (3,4 < ?̅ < 4,2), sedangkan dari respon peserta didik LKPD adalah 2,9dengan kriteria praktis dan dari kefektifan presentase belajar klasikan peserta didik adalah 71,4 dengan kategori baik. Sehingga LKPD dengan menanamkan kemampuan komunikasi matemtais ini valid, praktis, dan efektif sebagai bahan ajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Dididk, Kemampuan Komunikasi matemati