Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Interaksi Belajar Matematika Siswa SMP

Oleh Aldianto Tobing, Sumargiyani, dan Nida Yusrina

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan interaksi belajar matematika siswa kelas VII B di SMP Negeri 15 Yogyakarta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 15 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 35 siswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan, terlihat adanya peningkatan interaksi belajar siswa pada pembelajaran yang dilakukan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan persentase ketiga indikator interaksi belajar siswa yaitu interaksi siswa dengan guru meningkat sebesar 17,14%, interaksi antar siswa meningkat sebesar 23,93%, dan interaksi siswa dengan sumber belajar meningkat sebesar 33,57%. Selain itu peningkatan persentase rata-rata interaksi belajar siswa sebesar 36,19% menjadi 61,07% serta 35 siswa mengalami peningkatan interaksi belajar. Hasil wawancara dari siswa juga menunjukkan adanya respon positif tentang pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Kata Kunci: Think Pair Share, Interaksi belajar, Matematika