KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP SELAMA COVID-19 DI SD MUHAMMADIYAH KLEPU

Oleh: Purwanti, Estu Rahmawati, Indah Sri Utami, Nur Hidayah

Abstrak: 

Dunia pendidikan yang digemparkan dengan pandemi Covid-19 terpaksa harus merubah kebiasaan pembelajaran tatap muka menjadi Belajar dari rumah (BDR). Hal ini tidak lain merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Setiap sekolah dengan kebijakan yang telah ditentukan harus menyusun strategi baru agar proses pembelajaran tetap terlaksana. Tepatnya di SD Muhammadiyah Klepu, guru memutuskan untuk menggunakan media pembelajaran berupa whatsapp untuk saling berkomunikasi dengan siswa melalui perbedaan ruang dan jarak. Selama proses pembelajaran menggunakan whatsapp dilihat bahwasanya terdapat keefektifan pembelajaran dengan nilai dari siswa pada dua kali pembelajaran. Pengamatan mengenai keefektifan pembelajaran ini dilakukan di kelas 5. Dari pengamatan yang dilakukan didapat hasil penelitian yaitu adanya keefektifan pembelajaran menggunakan whatsapp di kelas 5 SD Muhammadiyah Klepu. Meskipun dikatakan efektif, sebetulnya akan lebih efektif pembelajaran  tatap muka karena dampak dari proses pembelajaran antara guru dan peserta didik dapat langsung dirasakan.

Kata Kunci: Keefektifan, Pembelajaran, Whatsapp, dan Covid-19