Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMP Muhammadiyah Piyungan Melalui Platform Google Classroom

Oleh Mutia Hanifah dan Hani Irawati

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan google classroomdi SMP Muhammadiyah Piyungan Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey dan menggunakan teknik kuisioner dengan instrumen pengambilan data yaitu angket. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Piyungan Yogyakarta dengan sampelnya adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah Piyungan Yogyakarta. Melalui analisis data dengan skala likert diperoleh hasil bahwa pembelajaran daring untuk mata pelajaran IPA belum efektif dan efisien untuk menggantikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan hambatan yang utama yaitu sulit memahami materi yang diberikan dan sebagian siswa terkendala oleh sinyal. 

Kata kunci: Persepsi, pembelajaran daring, google classroom