Persepsi Siswa Kelas VII A Terhadap Pembelajaran IPA Secara Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 5 Banguntapan

Oleh Sinta Wahyu Susanti, Lutfiana Nur Li Laili Ramadhana dan Hani Irawati

Abstrak:

Selama masa pandemi Covid-19 peserta didik melangsungkan aktivitas pembelajaran secara jarak jauh secara daring (Online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran daring mata pelajaran IPA khususnya Biologi dimasa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey yang dilakukan pada populasi kecil dan mengambil datanya dari populasi kecil tersebut. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Banguntapan yang diajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang menggunakan metode daring. Sampel penelitian yaitu 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 5 Banguntapan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring dengan Google Form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menggambarkan bahwa peserta didik menilai bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khusunya Biologi cukup efektif.

Kata kunci: Persepsi; pembelajaran daring; Covid-19