Efektivitas pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah Sanden
Oleh Maurizky Hafizha Herdanti dan Hendro Kusumo Eko Presetyo Moro
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis daring dengan menggunakan Whatsapp di SMP Muhammadiyah Sanden tahun pelajaran 2020/2021 akibat adanya pandemic COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan instrumen yang digunakan adalah angket yang diisi oleh siswa melalui google form. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Sanden Bantul dan subyeknya adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah Sanden Bantul. Diperoleh hasil bahwa pembelajaran daring untuk mata pelajaran IPA belum maksimal dan belum efektif untuk menggantikan kegiatan pembelajaran secara tatap muka dan hambatan utama yang paling banyak dihadapi siswa SMP Muhammadiyah Sanden terdapat pada sinyal internet.
Kata kunci: Efektivitas; daring; IPA; SMP