Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika
Oleh Tika Noviana, Dharu Ari Kurniawan dan Sumargiyani
Abstrak:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan sebuah instrument yaitu angket yang berisi tentang minat belajar siswa yang terdiri dari 35 soal. Sampel yang akan digunakan sebanyak 61 siswa yang terdiri dari kelas VII A dan VIII C. Minat belajar ini sangat berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pemaparan kajian minat belajar siswa berkaitan dengan definisi minat belajar, indikator minat belajar, jenis – jenis minat belajar, faktor – faktor yang mempengaruhi minat belajar, dan usaha – usaha yang dapat meningkatkan minat belajar. Minat belajar sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Minat belajar memiliki tiga aspek yaitu aspek koognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kata kunci: Pembelajaran online, dampak positif dan negative