Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Learning Management System (LMS) Berbasis Moodledi MAN 2 Bantul
Oleh Tia Apriliyani, Indah Wulandari, Nur Khafifah Dewi dan Hani Irawati
Abstrak:
Adanya kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) sebagai langkah untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 menyebabkan terjadinya pergeseran pola belajar di sekolah menjadi pembelajaran online. Pembelajaran online dapat dikatakan masih baru pada jenjang SMA yang dapat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa kelas XI MIPA pada mata pelajaran biologi melalui Learning Management System (LMS) di MAN 2 Bantul. Metode dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengunpulan data menggunakan quisioner dan instrument berupa lembar angket dengan menggunakan Skala Likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di MAN 2 Bantul dan kelas XI MIPA 3 sebagai sampel. Analisis data menggunakan rumus Weight Means Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas XI MIPA sudah baik pada mata pelajaran biologi melalui LMS di MAN 2 Bantul.
Kata kunci: Biologi, LMS, MAN 2 Bantul, Minat, MOODLE