Strategi Komunikasi Corporate Social Responbility PT Pertamina dalam Program Pertamina Sehati

Oleh Vikri Aliza Alam

Abstrak

Tanggung jawab sosial perusahaan menjadi nilai penting dalam lingkup usaha, peranan praktisi dalam hal ini untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh khalayak setelah dampak adanya perusahaan tersebut. PT Pertamina merupakan perusahaan tambang minya dan gas bumi terbesar di Indonesia di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki berbagai polemik antara pro dan kontra di khalayak umum. Sebagai bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat, program Pertamina Sehati dibentuk dengan dalih berkontribusi atas kesehatan masyarakat yang berfokus pada Pelayanan Posyandu serta Gizi Buruk. Tujuan dari analisis penelitan ini untuk menelaah bagaimana strategi komunikasi Corporate Social Responbility dengan menggunakan media komunikasi sebagai penyuluhan kepada masyarakat. Dari hasil penilitian ini, ditemukan bahwa PT Pertamina menerapkan media komunikasi internal dan eksternal yang baik. Hubungan harmonis dengan media eksternal terbukti signifikan menarik kepercayaan masyarakat akan turut andil dengan Program Pertamina Sehati yang dibentuk oleh PT Pertamina.

Kata Kunci: Corporate Social Responbility, Pertamina Sehati, Strategi Komunikasi