Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring di SMP

Oleh Isma yulia sofiani 1, Yosa Octarina2

Abstrak: Metode tentang Pendidikan Karakter pada masa belajar secara daring untuk memberikanhal yang baru bagi generasi muda cerdas dan berkarakter. Pada masa pademi bisa saja memberikan dampak buruk bagi sistem pendidikan, siswa harus belajar secara Daring dan melakukan aktifitas di rumah untuk mencegah meluasnya wabah covid19, Dalam pendidikan Karakter yang sekarang ini dilakukan secara daring tentunya diharapkan bisa tetap optimal, hal untuk mencipatakan kesadaran bagi siswa akan pentingnya sikap dan membentuk akhlak yang bermoral tinggi, tangguh, bertoleransi, kompetitif dan bisa mengembangkan perilaku bertanggung jawab. Pendidikan karakter yang di laksanakan ketika kegiatan pembelajaran lebih efektif hal ini bertujuan agar siswa tidak hanya menerapakan di dalam pembelajaran namun bisa di terapkan ketika di lingkungan keluarga.peran guru sangan penting disini untuk menentukan keberhasilan pendidikan karakter

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Karakter 

 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional

Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn Melalui Google Classroom di SMA Negeri 1 Banguntapan

Oleh Dinda Lestari, Lupi Novisa, dan Sumaryati

Abstract

The Covid-19 pandemic has had a huge impact on the world of education, resulting in a WFH (Work Form Home) which requires all activities to be at home. So that the online learning process was determined, for SMA N 1 Banguntapan using Google Classroom media in PPKn subjects. This study aims to determine the level of learning motivation of students in class XI IPS2. At SMA N 1 Banguntapan for class XI IPS2 the level of motivation in the PPKn learning process is very good.

Key Words: PPKn, Online learning, Google Classroom, Motivation to learn

EFEKTIVITAS WHATSAPP-GRUP SEBAGAI PLATFORM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Oleh Faradina Nilam Zulfa 1*), M. Alfiansyah 2, & Suparman3

Abstrak: Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan whatsapp-grup sebagai platform kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Pundong dengan metode analisis data sekunder berupa nilai hasil PTS siswa. 39,80% rata-rata hasil nilai PTS siswa ketika pembelajaran tatap muka, serta 42,87% rata-rata hasil nilai PTS siswa ketika pembelajaran jarak jauh. Lebih besar rata-rata hasil nilai PTS yang diperoleh siswa ketika pembelajaran jarak jauh.

Kata Kunci: Pendidikan; Whatsapp; Efektivitas; COVID 19

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN E-LEARNING DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN

Oleh Roza Julia Lestari1*), Trisna Muharyati 2, & Rusmining3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh infromasi mengenai motivasi belajar matematika siswa selama pembelajaran daring menggunakan E-Learning pada kelas VII MTs Muhammadiyah Kasihan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dengan metode pengisian kuesioner, dengan target populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. Sampel yang diambil secara acak sederhana yaitu setiap kelas diambil 10 siswa. Instrumen penelitian yang akan digunakan adalah penyebaran kuesioner. Untuk mengukur motivasi belajar menggunakan tes skala Guttman, yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-24 september 2020. Untuk uji instrumen menggunakan uji statistika berbasis excel. Dari data motivasi belajar memiliki skor terendah yaitu 36 dan skor tertinggi yaitu 96. Siswa yang memiliki kategori pengaruh motivasi belajar rendah yaitu 6 siswa, sedang yaitu 14 siswa dan tinggi yaitu 10 siswa. Berdasarkan hasil sebaran data tersebut dikatakan bahwa motivasi belajar matematika siswa menggunakan E-Learning dapat dikategorikan sedang.  Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi berbagai pihak sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran daring menggunakan E-Learning yang melibatkan motivasi belajar dari peserta didik.

Kata Kunci: Motivasi, Belajar, E-learning 

 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Penanaman Sikap Nasionalisme oleh Guru PPPKn di SMP Negeri 1 Bantul di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Dilar Zekar Wilantara, Maulida Hestina Indrawati, Muhammad Yusuf Effendi, dan Trisna Sukmayadi Abstract Nationalism is the awareness of membership in a nation in a nation that has the potential to jointly achieve, maintain and perpetuate the identity, integrity, prosperity and strength of the nation, in this case the attitude of nationalism in the momentum […]

Penerapan Metode Simulasi Sosiodrama Dalam Pembelajaran Materi Teks Eksplanasi: Fenomena Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Sosial Pada Siswa

Oleh Galuh Lara Yudhistira1*)

Abstract: This article discusses the application of the sociodrama simulation method in learning material on social phenomena contained in explanatory texts. The analytical techniques used in writing this article are: (1) Understanding sociodrama methods well, (2) Reading material about explanatory texts carefully, (3) recording data that has been found (4) Making conclusions from descriptions and analysis. This article aims to describe the application of the sociodrama simulation method in explanatory text in learning activities. The results of the analysis in this article are that it can be seen that students will be able to appreciate the role they play, so that students will easily find out how social phenomena occur. With appreciation of the material, student understanding will increase and students can feel the impact of adverse social phenomena such as juvenile delinquency through simulated role appreciation.

Keywords: Sociodrama, explanatory texts, social phenomena, social care

 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Analisis Implementasi Pembelajaran Sistem Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di SD Muhammadiyah Kayen

Oleh Dewi Anggraini, Selva Evian Deka, Tia Widyaningrum, dan Laila Fatmawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana bentuk implementasi pembelajaran daring di Sd Muhammadiyah Kayen selama pandemi covid-19. Faktor pendukung dan penghambat guru maupun siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dimasa pandemi.

Kata Kunci: Implementasi, pembelajaran daring, pandemi covid-19

Membentuk Nilai Karakter Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

Oleh Sidiq Arsyadi, Sigit Purnomo, Hanif Cahyo

Abstrak: Semenjak kemunculan virus Covid-19, sektor pendidikan mengalami persoalan baru. Proses pembelajaran yang mulanya tatap muka harus diganti dengan pembelajaran jarak jauh atau daring. Tak heran guru, peserta didik dibuat kuawalahan, bahkan orang tua juga tak lepas dari persolan tersebut. Tidak memiliki gawai, jaringan internet yang buruk serta julah kuota yang minim menjadi penghalang kegiatan pembelajaran daring. Pembelajaran daring yang mengharuskan peserta didik tetap di rumah, akhirnya menyeret orang tua untuk ikut ambil bagian dalam proses ini. Kondisi semacam itu sebenarya bisa dimanfaatkan orang tua untuk mengawasi/mengontrol langsung anaknya. Dimana dengan pengawasan langsung, orang tua bisa menanamkan nilai karakter kepada anaknya.Menanamkan nilai-nilai kebaikan bisa menjadi sebuah alternatif  guna menjadi obat tawar dari persoalan pembelajaran daring.

Keywords: Pandemi, Covid-19, Pendidikan, Karakter 

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional

Problematika Guru PPKn dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMK Muhammadiyah Bantul

Oleh Desti Anggraini, Toni Wicaksono, Fajar Laksono, dan Sumaryati

Abstract

Basically, PPKn is considered a boring, memorizing, monotonous and less challenging subject so that it makes students passive in class and just watch the lecture from the teacher in front of the class. These facts will of course also have an impact on decreasing student achievement. Especially if attending school from home makes students even more lazy to study even though they are motivated to follow but it’s a small part of the class. Also the problem is not only from the PPKn teacher but only for students who argue that their homes do not have a network so that the PPKn teacher must rack their brains so that the learning media has a minimum quota and can be seen by students and does not burden students Education is very important in realizing knowledgeable students. Education will give birth to students who have competencies and skills that develop in the midst of society. So to overcome this problem the teacher must increase his knowledge of learning media, and the principal proposes the provision of complete learning media in schools, on the other hand the education office makes training for teachers.

Key Words: PPKn Teacher Problems, Learning Media Development.

 

 

MAN 2 Bantul Menjadi Wadah Pendidikan Keterambilan Vokasional yang Berkarakter

Oleh Komsatul Hartati1  Aghita Wahyuningsih2 Dr.Sutarman, S.Pd., M.Hum.3

Abstract: This research, entitled MAN 2 Bantul, Becomes a Forum for Characteristic Vocational Participation Education is motivated by the government’s concern regarding character education in public schools or Javanese schools which is still lacking. So that the Ministry of Religion made Madrasah Aliyah Negri which was based on vocational skills as an Islamic education institution that instilled Islamic skills and character. The existence of vocational skills in MAN 2 Bantul is a need for skills or skills of students in order to compete in the world of work, and it is even hoped that students can have an entrepreneurial spirit that can open their own business. This study aims to develop skills that have good character or morals in students. This is a form of awareness in character building from an early age before plunging into the world of work. The type of research used is field research with qualitative methods. The results of the study concluded that MAN 2 Bantul provided facilities to students in the learning process in the form of cultivating character and morals through religious activities in schools.

Keywords: Education, Skills, Character.

 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional