Efektivitas Penggunaan Media Online Dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Selama Pandemi Covid-19

Oleh Argian Nurul Khoiriyah& Dianingtyas Pangastuti2, Wachid Eko Purwanto3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penggunaan media dalam pembelajaran daring pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang fokus pada pembelajaran menggunakan media online. Sampel penelitian yakni peserta didik SMP N 2 Pandak kelas VIIIC sebanyak 32 siswa dan kelas IXB  sebanyak 29 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, kuesioner dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner pembelajaran daring. Hasil penelitian menggambarkan peserta didik menilai pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media online sangat efektif (11,1%), sebagian besar siswa menilai efektif (28,9%), menilai cukup efektif (40%), serta sedikit siswa menilai kurang efektif (20%). Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring Bahasa Indonesia selama Pandemi Covid-19, pendidik perlu meningkatkan media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Praktikan dapat menggunakan media pembelajaran, seperti bandicam, WhatsApp group, google classroom, power point, youtube, dan google formulir.

Kata Kunci: online media, effectiveness, covid-19 pandemic

 

Selengkapnya

  1. Paper Seminar Nasional