PENGARUH AYANA JIHYE MOON SEBAGAI SPOKESPERSON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK WARDAH DI YOGYAKARTA

Oleh: Rika Permatasari

Abstrak:

Kosmetik telah menjadi kebutuhan primer bagi kaum wanita. Hal ini memunculkan kesempatan untuk para pelaku bisnis dalam menciptakan produk kecantikan yang dapat menunjang keinginan wanita tersebut. Tak kalah dengan negara lain, di Indonesia sudah banyak perusahaan yang mengeluarkan produk kecantikan. Wardah adalah salah satu kosmetik lokal yang berhasil bersaing di pasar kosmetik Indonesia. Strategi komunikasi pemasaran Wardah dengan menggunakan public figure sebagai spokesperson. Wardah baru saja menunjuk Ayana  Jihye  Moon,  selebgram  asal  Korea  Selatan  sebagai  Spokesperson. Meskipun Ayana memiliki penggemar yang banyak di Indonesia namun  Ayana adalah orang Korea. Sedangkan produk Wardah terkenal dengan produk lokal asli Indonesia yang disesuikan khusus dengan kulit orang Indonesia. Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kuantitatif.   Sampel   dalam penelitian ini adalah follower Instagram akun @wardahbeautyjogja yang merupakan official store Wardah yang ada di jogja dengan jumlah 100 orang yang diperoleh  dengan  teknik  random sampling.  Instrument  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pearson’s Product Moment dan analisis regresi linear sederhana. Ayana   Jihye   Moon   sudah   memenuhi   variabel   spokesperson   dengan indikator Keahlian, dapat dipercaya dan likability. Namun Ayana Jihye Moon kurang dapat mempengaruhi variabel minat beli konsumen dalam indikator minat transaksional, minat referensial, minat preferensial dan minat eksploratif. Terdapat pengaruh  antara  Spokesperson  terhadap  minat  beli  konsumen  sehingga  Ha diterima dan H0 ditolak.

Kata Kunci: Spokesperson, Minat Beli Konsumen, Kosmetik