Talkshow “Peluang dan Tantangan Pengembangan Kesiapan Karir Mahasiswa”

Sabtu, 06 Agustus 2022, Unit Konseling Sebaya di bawah pengawasan Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Talkshow dengan tema “Peluang dan Tantangan Pengembangan Kesiapan Karir Mahasiswa”. Kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 09.00 hingga 10.00 WIB. Talkshow dilakukan secara daring melalui siaran langsung di kanal youtube BIMAWA UAD Jogja. Kegiatan talkshow ini telah diakses sebanyak 129 kali oleh penonton streaming youtube.

Kegiatan ini  dipandu oleh moderator yaitu Hastu Nur Shofiati yang merupakan Konselor Sebaya UAD. Dalam talkshow kali ini mengundang narsumber yaitu Bapak Caraka Putra Bakti, S.Pd.,M,.Pd yang merupakan dosen program studi Bimbingan Konseling UAD sekaligus Kepala Bidang Pengembangan Karakter dan Kesejahteraan, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA), Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Kegiatan talkshow berjalan interaktif dan membahas mengenai peluang dan tantangan kesiapan karir mahasiswa. Setiap perjalanan hidup seseorang mempunyai lika-liku, begitu juga dengan perjalanan karir seseorang. “Apa yang sudah dilakukan selama menjadi mahasiswa?” menjadi pertanyaan pembuka materi yang disampaikan oleh Bapak Caraka. Setelah pertanyaan tersebut pemateri membahas problematika dikalangan mahasiswa yang seringkali menjadi hambatan mahasiswa dalam mempersiapkan karir. Hambatan ini menjadi sebuah tantangan mahasiswa dalam menyiapkan karir. Selain dihadapkan dengan tantangan dalam mempersiapkan karir mahasiswa juga harus mahir dalam mencari peluang dimasa depan. Bapak caraka selaku pemateri talkshow memberi gambaran bahwa karir dimasa mendatang akan didominasi oleh pekerjaan jenis hybrid work dengan prioritas pekerja yang mempunyai pengalaman dan skill bagus.

Kegiatan talkshow ini sangat menarik dan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai peluang dan tantangan pengembangan karir mahasiswa yang harus dipahami mahasiswa. Di akhir Bapak Caraka selaku pemateri memberikan tips bagi mahasiswa dalam menyiapkan karir dengan cara memiliki etos kerja tinggi, berfikir kritis dalam pemecahan masalah, mampu kerja tim/kolaborasi, berjiwa pemimpin, dan canggih menggunakan teknologi. Talkshow hari ini mengingatkan kepada kita semua untuk senantiasa melibatkan Allah SWT di setiap langkah proses perjuangan, karena sebuah kesuksesan studi yang kita raih tidak terlepas dari anugerah Allah SWT.

 

Tonton video talkshow selengkapnya : https://youtu.be/IpFng28HMuQ