EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE CLASHROOM TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Oleh Ilham Wijayanto 1*), Zuskandini Pratiwi 2, Helena Syawalia Ananda3 & Kusno Effendi4

Abstrak: Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Darin.g Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan subjek penelitian adalah bermacam- macam (WhatsApp, Google Classroom, Website). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas dalam pemebelajaran daring. Metode yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah tanya jawab kepada narasumber yaitu siswa SMP melalui WhatsApp. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sangat mudah diakses bagi siswa yang jaringannya bagus, alur pengumpulan tugas juga mudah dan efisien dalam hal waktu untuk mengumpulkan tugas-tugas.

Kata Kunci: Google Classroom, Pemahaman Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Selengkapnya

1. Paper Seminar Nasional