TRANSFORMASI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Oleh: Annisa Yola Shafarina, Meliana Susanti, Eni Tegar Safitri ,  Istiqomah, Heni Siswantari

Abstrak: 

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat transformasi strategi guru dalam pembelajaran matematika  kelas 6 pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekaatan studi kasus. Dimana pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Analisis data dilakukan secara deskripif kualitatif dengan melibatkan guru matematika dan 10 siswa kelas 6 di SD Negeri Kalongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat transformasi strategi guru dalam pembelajaran matematika kelas 6 pada masa pandemi. Transformasi tersebut diantaranya adalah metode yang digunakan guru saat mengajar. Sebelum adanya pandemi covid-19 guru menerapkan proses pembelajaran secara konvensional dengan adanya aktivitas di sekolah. Akan tetapi, pada saat ini guru menggunakan berbagai platform pembelajaran secara online untuk memberikan materi pelajaran matematika kepada siswa seperti whatsapp. Sehingga hal tersebut memberikan dampak bagi peserta didik.

Kata Kunci: Transformasi, matematika, daring