Pembelajaran Matematika Berbasis Whatsapp di Era Pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Sewon

Oleh Destyane Eka Putri, Dhiya Rohadatul ‘Aisy dan Rusmining

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan WhatsApp merupakan solusi terbaik dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, serta untuk mengetahui bagaimana peran WhatsApp dalam kegiatan pembelajaran matematika jarak jauh di SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian empiris dimana penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Dari 136 peserta didik kelas X dan XII Tata Busana SMKN 2 Sewon ada 96 peserta didik yang menjawab kuisioner, terdapat 8 pertanyaan yang diberikan oleh peneliti yang berkaitan dengan apa yang dirasakan peserta didik selama pembelajaran matematika berbasis WhatsApp. Sebanyak 69% peserta didik menganggap pembelajaran matematika dengan Whatsapp termasuk kedalam kategori baik, dimana WhatsApp merupakan wadah berdiskusi yang baik bagi 51% peserta didik, dengan 48% peserta didik merasa bahwa salah satu kelebihan WhatsApp yaitu adanya fitur voice note yang dibutuhkan peserta didik dalam pemahaman matematika. Disisi lain, hal tersebut masih belum dapat membuat peserta didik dapat memahami pembelajaran matematika dengan baik dimana dari 96 peserta didik terdapat 41 orang yang merasa kurang memahami materi matematika saat pembelajaran berbasis WhatsApp.

Kata kunci: Pembelajaran; Matematika; WhatsApp