Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring di Sekolah SMK Negeri 1 Bantul
Oleh Ilham Hardianto, Rizki Ramadhasari dan Sutipyo R
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan informasi terkait persepsi guru mengenai sebuah tantangan pelaksanaan proses pembelajaran daring dikarenakan akibat dari dampak andemi COVID-19. Kemudian penulis bermaksud memberikan informasi yang dapat membantu orang lain mengetahui persepsi guru pada saat ini atau pembelajaran daring dengan menggunakan studi kasus dan pendekatan kualitatif. Informan atau responde terdiri dari 2 (dua) orang guru mata pelajaran pendidikan agama islam di sekolah SMK N 1 BANTUL. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwasannya masih banyaknya kekurangan dari sarana dan prasarana peserta didik sehingga pendidik atau guru sangat minim penyampaian materi, dan beban pembelian kuota internet, koneksi internet (sinyal) yang terkadang menjadi lamban ataupun tidak stabil, serta kurang leluasanya guru dalam mengontrol kegiatan siswa yang tidak bisa bertatap muka.
Kata kunci: Pendidikan, pembelajaran, pandemi.