Analisis Mengenai Efektivitas Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di SMA N 1 PUNDONG YOGYAKARTA

Oleh Efni Fazriah, Fahmi Syamsulhadi1 , Farid Setiawan2

Abstrak: Pembelajaran secara daring cukup sulit diterima bagi para orangtua yang berpenghasilan menengah kebawah. Namun dengan keterpaksaan agar tetap bisa mengikuti pembeljaran para orangtua siswa harus menyediakan media untuk bisa terakses ke jaringan intenet. Dengan keterbatasan ekonomi banyak dari orangtua siswa yang tidak mendampingi anak ketika menggunakan media karena sibuk bekerja, sehingga anak salah dalam menggunkan media. Situs-situs berita yang beredar di media juga banyak yang kurang mendidik sehingga sangat diprihatinkan jika anak sesusia mereka telah dimakan oleh berita-berita yang kurang mendidik.

Pada masa pandemi covid 19 siswa di haruskan untuk tetap dirumah dan belajar dengan menggukan media seperti classroom, ruang guru, zoom, dll. Namun banyak dari kalangan siswa yang merasa kurang efektif karena keterbatasan jaringan dan kouta sehingga sulit untuk memeahmi materi- materi yang telah disampaikan melalui jalur media tersebut. Disisi lain tantangan pembelajaran di masa-masa sekarang pun makin banyak dan pasti akan berubah mengikuti zaman, seperti halnya sekarang tantangan pembelajaran melalui jarak jauh adalah ketersediaan layanan internet.

Dapat disimpulkan bahwa efektifitas pembelajaran daring yang dilakukan masih butuh beberapa evaluasi seperti, media pembelajaran  siswa yang harus inovatif, tidak terlalu monoton dengan media pembelajaran itu-itu saja, dan tidak mengekang siswa agar siswa  tidak stress dan mudah bosan dalam kegiatan belajar mengajar

Kata Kunci: Efektivitas, Daring, jaringan.

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional