EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DI SMK NEGERI 1 PAJANGAN

Oleh Rida Krisnawati1*), Intaha Ainun Zulkhaini2, &Sutipyo R3

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Pajangan, yang mana selama pandemic COVID-19 mengharuskan para siswa untuk belajar dari rumah. Didalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini banyak siswa yang merasa pembelajaran daring kurang efektif, karena materi yang disampaikan oleh guru sulit untuk dipahami, ditambah minimnya penjelasan dari guru karena tidak bertemu secara tatap muka. Selain itu kuota internet yang cukup boros (cepat habis) membuat beberapa siswa kesulitan untuk mengikuti pembelajaran daring dengan maksimal. Siswa juga merasa hubungan social dengan teman – temannya sangat kurang, hal ini lebih dirasakan oleh siswa kelas X karena belum pernah bertatap muka secara langsung dengan teman – teman satu kelasnya.

Keywords: Efektivitas, Daring, Pembelajaran Daring. 

Selengkapnya

  1.  Paper Seminar Nasional