PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLY PERCAYA DIRI DAN IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING
Oleh: Novy Dwi Sulistiana, Raditya Ibnu Indrastoto, Agung budi prabowo
Abstrak:
Percaya diri sangat dibutuhkan bagi siswa sebagai salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada diri setiap siswa agar nanti mereka dapat menjadi manusia yang mampu mengendalikan berbagai hal yang ada pada dirinya, dengan kemampuan itu siswa akan lebih mudah dalam mengelola tujuan serta sasaran pribadi yang jelas. Siswa yang memiliki rasa tidak percaya diri akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan siswa tersebut dalam beraktifitas dilingkungan sekitar yang dia tinggali, baik disekolah, keluarga ataupun di masyarakat. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan percaya diri adalah permainan monopoli sebagai salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Permainan monopoli termasuk media yang mudah digunakan dan menarik minat siswa dalam mengikuti proses layanan bimbingan dan konseling. Tujuan pengembangan media ini untuk menghasilkan suatu produk dalam bentuk monopoli untuk mendukung proses bimbingan dan konseling, khususnya dalam membantu meningkatkan percaya diri. Artikel ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif.
Kata Kunci: Media Permainan Monopoli, Percaya Diri