Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) Untuk Menigkatkan Kemampuan Analisis dan Minat Belajar Siswa SMA Pada Materi Ekosistem

Oleh Medhita Amalia dan Hani Irawati

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di sekolah formal yang kurang memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan peserta didik khususnya untuk mata pelajaran Biologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic pada materi Ekosistem kelas X IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa serta kemampuan analisis siswa berdasarkan studi literatur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat study literature. Prosedur pencarian literatur dilakukan dengan penelusuran artikel publikasi dengan menggunakan kata kunci yang sudah dipilih. Teknik penyajian data menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data- data hasil dari penelitian literatur. Data dalam penelitian merupakan data peningkatan minat belajar siswa dan kemampuan analisis yang bersumber dari penelitian literatur. Validasi/review kualitas literatur yang sesuai dengan membuat kriteria yang berfungsi sebagai filter dalam pemilihan dan penolakan suatu literatur (inclusion and exclusion criteria). Teknik/pendekatan analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran VAK mampu meningkatkan minat belajar siswa serta bisa diterapkan pada materi ekosistem dan pembelajaran dengan model pembelajaran VAK mampu meningkatkan kemampuan analisis siswa serta bisa diterapkan pada materi ekosistem.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK), Kemampuan Analisis Siswa, Minat Belajar Siswa, Ekosistem.