Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen

Oleh Dedy Prima Kurniawan

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan citramerek terhadap loyalitas konsumen, dan jenis pada penelitian ini yaitu menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu memakai non probability sampling dengan metode yang di gunakan yaitu puposive sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada 70 responden atau konsumen yang minimal menggunakan
3x sabun mandi batang lifebuoy, pengambilan data yaitu dengan menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui seberapa besar loyalitas konsumen maka dapat diukur dengan variabel kualitas produk dan citra merek. Dari kasimpulan penelitian ini yaitu variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,176 > 0,05, sedangkan pada variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen hal in dapat dilihat dari hasil uji t bahwa nilai sig hitung sebesar 0,000 < 0,05 dan pada variabel dan citra merek berpengaruh secara bersama sama terhada loyalitas konsumen hasil ni dapat dilihat dari nilai uji f dengan nilai sebesar 32,123 dan pada hasil uji f di peroleh dengan tarif signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: kualitas produk, citra merek dan loyalitas konsumen