STRATEGI KOMUNIKASI CSR PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASIONAL 6 YOGYAKARTA

Oleh Retna Cik Sari Dewi

Abstrak

Strategi Komunikasi yaitu proses perencanaan efektif dalam menyampaikan pesan yang bertujuan untuk mempermudah sasaran dalam menerima pesan dengan harapan bisa menimbulkan efek tertentu. Corporate social responsibility yaitu komitmen perusahaan atas tanggung jawab sosialnya dari sedikit dana keuntungan perusahaan untuk sosial kemasyarakatan. Perusahaan dalam melakukan kegiatan CSR mempunyai konsep “bottom line.” Dalam  paper akan membahas bagaimana penerapan strategi komunikasi CSR PT Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam jasa angkutan barang serta penumpang. Perusahaan besar yang mempunyai banyak anak perusahaan dan joint venture. Program CSR di Daerah Operasional 6 Yogyakarta berupa pemberian dana sejumlah Rp84.463.000.- untuk masyarakat Klaten dan Magelang guna perbaikan fasilitas pendidikan dan masyarakat kurang mampu. Program selalu memperhatikan keadaan masyarakat, perusahaan terpandang akan melakukan kontribusi terhadap peningkatan mutu kualitas hidup masyarakat sehingga selalu terpandang sebagai perusahaan yang mempunyai citra dan reputasi yang baik. Selain itu, memperhatikan lingkungan juga perusahaan telah berpartisipasi di dalamnya guna terjaganya akan mutu kualitas hidup manusia dan lingkungan dalam jangka panjang. Karena keterlibatan perusahaan atas keterlibatannya kepedulian lingkungan, secara tidak sadar perusahaan juga telah mencegah terjadinya bencana alam.

Kata Kunci: Perusahaan BUMN, Strategi Komunikasi, Corporate Social Responsibility